Headline

Ada Sumur Resapan, Genangan Air Setinggi Kaki Dewasa Satu Jam Menghilang

×

Ada Sumur Resapan, Genangan Air Setinggi Kaki Dewasa Satu Jam Menghilang

Sebarkan artikel ini

Jakarta, Faktapers.id – Setelah dibangunnya sumur resapan di wilayah RW.06, Kelurahan Cempaka Putih Timur, Cempaka Putih, Jakarta Pusat, jika terjadi hujan deras atau lebat yang mengakibatkan genangang air setinggi kaki dewasa, dalam satu jam genangan air tersebut langsung surut.

Alhamdulillah, dengan adanya sumur resapan sekarang wilayah kami genangan airnya langsung surut. Warga kami sangat senang dan menguncapkan banyak terima kasih kepada gubernur yang telah mengupayakan dalam mengatasi genangan air dikala hujan lebat, Jelas Ketua RW.06, Lukman Sarah saat di temui di Jalan Cempaka Tengah 20 B

” Kalau hujan Deras atau lebat dan terjadi genangan hingga 70 cm dalam satu jam langsung hilang, kalau hujan, hujan saja tidak ada genangan karena air langsung turun ke sumur resapan,” kata Lukman didampingi Ketua Rt.07/06, Zakaria Nasution, Kamis (23/12/2021)

Ia menuturkan, sumur resapan yang dibuat Sudin SDA Jakarta Pusat kedalamannya dua sampai tiga meter dipermukaan dibawahnya tersebut ada pipa masuk ke dalam ± 20 sampai 22 meter, ini yang menyebabkan genangan air di lingkungan RW.06 langsung terserap atau hilang langsung mengalir ke sumur resapan, ungkapnya.

” Adanya sumur serapan sangat membantu sekali dalam penanganan genangan. Kami berterima kasih sekali kepada gubernur DKI Jakarta yang telah peduli terhadap warga sehingga sekarang rumah warga tidak ada lagi,” ucapnya.

Di wilayahnya ada 19 lobang sumur resapan dibuat SDA yakni tersebar di Rt.03 dan Rt.07, sekarang sudah berkurang banyak, genangan air di wilayahnya, kata Lukman.

Warga Rt.03/06 Kelurahan Cempaka Putih Timur, Wibowo menambahkan, keadaan sumur resapan di sini cukup baik. Dulu sebelum ada sumur resapan sering terjadi genangan saat hujan deras dan surutnya sangat lama bisa 3 sampai 4 jam karena menunggu antrian air. Tinggi genangan bervariasi mulai 30 sampai 70 cm.

Namun setelah adanya sumur resapan, walaupun ada genangang namun dalam waktu satu jam sudah surut dari lingkungan kita.

” Saya berharap, kalau bisa sumur resapan di wilayahnya ditambah, dan sumur resapan yang sudah ada tetap dirawat karena sangat membantu warga disini terkait genangan yang sudah cukup lama,” ujarnya.

Lurah Cempaka Putih Timur, Shinta Purnama Sari mengatakan, di wilayahnya ada enam titik lokasi genangan air saat hujan deras yakni di Jalan Cempaka Putih Tengah Raya, Jalan Lentjen Suprapto, Jalan Ahmad Yani di depan Patra dua, Jalan Ahmad Yani depan gudang garam atau Transmart, Jalan Putih Tengah Raya depan wisma Maros dan Jalan Cempaka Putih Timur lima dengan ketinggian air bervariasi yaitu antara 30 sampai 70cm.

Untuk mengantisipasi genangan di wilayahnya, pihaknya bersama kecamatan melakukan evaluasi dan dimonitor oleh Pemkot Jakpus yakni dengan membuat sumur resapan yang dimulai sejak tahun 2020 hingga 2021 yang dilaksanakan oleh Sudin SDA Kecamatan melaksanakan pembangunan sumur resapan di titik terendah seperti yang kami sebutkan diatas.

Ada 130 lobang sumur serapan yang tersebar di enam titik lokasi genangan. Alhamdulillah, hujan deras akhir-akhir ini di wilayah Kelurahan Cempaka Putih di enam titikk rawan genangan sudah tidak ada lagi, karena begitu terjadi genangan dalam satu jam genangan air tersebut langsung surut, katanya.

” Sering warga kami mengungkapkan dengan memberikan surat pernyataan kepada SDA ucapan terima kasih maupun statement terkait keberadaan sumur resapan yang dianggap sangat efektif mengatasi genangan,” imbuhnya
.Tajuli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *