Tanjungpandan, faktapers.id – Guna mengantisipasi naiknya arus kapal bermuatan strategis dan distribusi barang strategis/sembako untuk kebutuhan masyarakat Pulau Belitung serta lonjakan arus penumpang kapal laut yang diperkirakan akan mengalami kenaikan sebesar 200% pada masa Lebaran 1443 H/2022 tahun ini, jika dibandingkan masa Lebaran 1442 H/2021 lalu.
Untuk itu pihak manajemen PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 2 Tanjungpandan telah menyiapkan beberapa strategi pelayanan pada masa puasa dan menjelang dan paska Lebaran 1443 H/2022.
Menurut Hambar Wiyadi GM PT Pelindo Regional 2 Tanjungpandan, adapun langkah antisipasi yang dilakukan, antara lain : Pertama, penyiapan 4 (empat) dermaga sepanjang 230 m’ untuk prioritas penyandaran kapal bermuatan barang strategis dan kapal Ro-ro yakni dermaga 01, dermaga 04, dermaga 06 dan dermaga 08.
Kedua, untuk kelancaran arus kapal dan disrtribusi baran strategis masa lebaran 1443 H/2022 ini, pihak manajemen PT Pelabuhan Indonesia (Persero) melakukan pengaturan penyandaran kapal melalui prioritas penyandaran kapal secara berthing window kepada kapal-kapal yang memiliki jadwal (schedule) tetap yang bermuatan barang strategis ini yang akan diatur dan disandar pada 4 dermaga yang telah disiapkan untuk disandarkan di dermaga tersebut.
Ketiga, untuk pelayanan penumpang kapal dilayani di dermaga 05 sepanjang 50 M’ untuk penyandaran kapal penumpang dengan tujuan Pelabuhan Tanjungpandan/Bellitung – Pelabuhan Pangkal Balam/Bangka yang dilayani KM. Express Bahari yang semual 2 kali pelayanan/minggu menjadi 7 kali pelayanan/minggu.
Keempat, untuk pengaturan pelayaran rakyat (Pelra) yang bermuatan barang strategis ini, pihak manajemen PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 2 Tanjungpandan akan melakukan pengaturan di dermaga 03, dermaga 04T dan dermaga 07 sepanjang 57 M’.
Kemudian, untuk kelancaran kegiatan bongkar/muat barang di Pelabuhan Tanjungpandan masa lebaran tahun ini pun, Pihak Manajemen PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 2 Tanjungpandan telah menyiapkan back up area lapangan di Lini 2 seluas 9.500 M2 yakni 7.500 M2 untuk kegiatan bongkar/muat curah kering seperti: cangkang, batu bara dan batu split, dan sisanya telah disiapkan lapangan penumpukan petikemas seluas 2.000 M2 untuk kegiatan stripping barang-barang bermuatan strategis/sembako yang selanjutnya didistribusikan untuk kebutuhan masyarakat di Kabupaten Belitung Induk dan Balitung Timur.
Diharapkan dengan pola pengaturan melalui perioritas penyandaran kapal (berthing window) kapal bermuatan strategis dan back up area lapangan penumpukan di area lini 2, akan mampu membantu kelancaran arus kapal dan distribusi barang strategis menjelang masa lebaran 1443 H/2022 tahun ini dapat berjalan baik dan optimal di Pelabuhan Tanjungpandan.
Lonjakan Arus Penumpang 200%.
Selanjutnya kata Hambar W, untuk arus penumpang kapal laut di Terminal Laskar Pelangi, Pelabuhan Tanjungpandan, Belitung diperkirakan akan mengalami peningkatan sekitar 200% untuk masa lebaran 1443 H/2022 tahun ini, jika dibandingkan masa lebaran 1442 H/2021 lalu yakni: arus penumpang turun (debarkasi) dari 1.430 orang menjadi 4.290 orang dan arus penumpang naik (embarkasi) dari 1.779 orang menjadi 5.337 orang untuk masa lebaran 1443 H/2022 ini.
Untuk menunjang kelancaran arus mudik penumpang kapal laut ini, pihak manajemen PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 2 Tanjungpandan bersama Kantor KSOP Kelas IV Tanjungpandan, KPPP Pelabuhan Tanjungpandan, dan Kantor Kesehatan Pelabuhan Tanjungpandan menyiapkan 2 (dua) tempat/lokasi posko yakni: Posko Pengendalian Angkutan Lebaran 1443 H/2022 dan Posko Perwakilan Kejaksaan R.I. Belitung bekerjasama dengan Kejaksaan Negeri, Kabupaten Belitung yang berlokasi di Terminal Penumpang Laskar Pelangi yang dimulai sejak H-14 s.d H+14 masa Lebaran 1443 H/2022.
Sedangkan 1 (satu) unit Posko Pelayanan Lebaran 2022-Operasi Menumbing 2022 Pelabuhan Tanjugpandan yang berkoordinasi dengan Polres Kabupaten Belitung dan Dinas Perhubungan Kabupaten Belitung, Pemerintah Daerah Kabupaten Belitung, yang berlokasi di halaman parkir Kantor PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 2 Tanjungpandan yang dimulai sejak H-7 s.d H+7 Lebaran 1443 H/2022.
Selanjutnya, untuk meningkatkan pelayanan bagi penumpang kapal di Terminal Laskar Pelangi ini, Pihak Manajemen PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 2 Tanjungpandan telah menyiapkan fasilitas pendukung diantaranyai: penyiapan 1 (satu) unit ganset listrik untuk mengantisipasi adanya pemutusan arus listrik pada waktu kegiatan embarkasi pada malam hari di terminal penumpang Laskar Pelangi ini. Lapangan parkir seluas 2.300 M2 dengan kapasitas daya tampung 40 unit mobil dan 100 unit kendaraan bermotor serta memanfaatkan area lahan/lokasi lain di sekitar terminal penumpang serta pemasangan tenda seluas 100 M2 untuk menampung embarkasi sebelum penumpang naik kapal.
Dalam pengamanan area sekitar terminal penumpang telah disiapkan kamera CCTV, tambahan personil tenaga pengamanan dari unsur Personil Pengamanan Internal PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 2 Tanjungpandan, Personil KPPP Tanjungpandan, Personil Kantor Kesehatan Pelabuhan Tanjungpandan untuk petugas validasi perjalanan orang dari dalam negeri dengan transportasi laut sebanyak 9 orang tenaga (tenaga medis dan petugas validasi) serta 1 (satu) unit kendaraan ambulance untuk mengantisipasi keadaan emergency yang terjadi selama embarkasi/debarkasi di terminal penumpang tersebut.
Diharapkan tambahan tenaga pengamanan akan mampu memberikan pelayanan kepada penumpang kapal dengan cepat, optimal dan terkendali serta memberikan perasaan aman dan nyaman bagi calon penumpang, khususnya dalam proses validasi terhadap calon penumpang kapal. Sehingga tidak terjadi penumpukan calon penumpang di area terminal. Dimana untuk persyaratan perjalanan calon penumpang dan pelaksanaan protokol kesehatan di Terminal Penumpang tetap mengacu pada Surat Edaran Satgas Nasional No. 16 Tahun 2022 dan Surat Edaran Kementerian Perhbungan No. 37 Tahun 2022.
Bahwa di Terminal Penumpang Laskar Pelangi ini, melayani kapal KM. Express Bahari yang melayani trayek Pelabuhan Tanjungpandan, Belitung – Pelabuhan Pangkalbalam, Bangka, yang biasanya jadwal pelayanan hari Senin dan Jum’at per minggu (2 kali/minggu), namun untuk pelayanan pada H-7 s.d H+7 masa Lebaran 1443 H/2022 menjadi setiap hari pelayanan pulang pergi (7 kali/minggu).
Sedangkan untuk kapal Ro-ro KM. Sawita dilayani di Dermaga 01 ini, melayani trayek Pelabuhan Tanjungpandan – Pelabuhan Tanjung Priok sebanyak 2 kali/minggu dan Pelabuhan Tanjungpandan – Pelabuhan Pangkal Balam sebanyak 1 kali/minggu. Han