Headline

Hadiri Halal bi Halal, Rektor Unwidha Klaten Tekankan Keikhlasan

×

Hadiri Halal bi Halal, Rektor Unwidha Klaten Tekankan Keikhlasan

Sebarkan artikel ini

Klaten, faktapers.id – Memaknai Halal bi Halal setelah merayakan Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriyah yaitu memaafkan atau mengikrarkan untuk saling memaafkan, meskipun maaf itu tidak harus kumpul dan bertemu setiap tahun. Harapanya sebagai umat Tuhan mengampuni masing-masing kesalahan yang disengaja maupun tidak.

Demikian disampaikan Rektor Universitas Widya Dharma (Unwidha) Klaten Prof Triyono, saat memberikan sambutan pada acara halal bi halal yang diselenggarakan oleh Yayasan Pendidikan Indonesia (YPI) dan Unwidha Klaten, bertempat di Aula Kampus setempat, Sabtu (29/4/2023).

“Ada beberapa hikmah yang bisa kita peroleh dari kegiatan halal bi halal ini diantaranya untuk menghapuskan kesalahan kepada sesama manusia, untuk menghilangkan rasa kebencian dan untuk menjalin silaturahmi dengan teman yang ada hubungannya dengan tugas kelembagaan maupun kekeluargaan,” terang dia.

Tentunya, kata Triyono, harapan untuk kelembagaan bukan hanya mendidik, akan tetapi menjadikan generasi yang bermanfaat untuk dirinya sendiri maupun masyarakat, bangsa dan negara. Setelah memasuki bulan syawal harus pula ada peningkatan dalam pengabdian bekerja di Unwidha dengan Ikhlas.

“Kegiatan ini bertema Bergerak Bersama untuk Mensukseskan Kurikulum Merdeka, hal ini dimaksudkan bahwa dengan langkah yang sama meraih melaksanakan dan menerapkan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) belajar kampus merdeka. Banyak hal yang bisa dilakukan oleh kampus ini dalam rangka kampus merdeka,” ungkapnya.

Triyono mencontohkan Implementasi IKM di Kampus Unwidha seperti pertukaran mahasiswa (Student Exchange) dengan mahasiswa luar negeri. Program itu juga dalam rangka untuk meningkatkan kepercayaan dan di kenal oleh masyarakat sehingga mereka percaya kalau putra-putrinya kuliah di Unwidha Klaten.

Ditempat yang sama, Wakil Rektor (Warek) Unwidha Klaten Purwo Haryono menambahkan sebagai seorang pendidik harus mempunyai kata kunci yaitu ikhlas. Ia berharap peningkatan dari seluruh jajaran di dalam pengabdianya di Kampus Unwidha Klaten. Harapannya setelah ber Halal bi Halal ini akan memiliki semangat baru.

(Madi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *