NasionalPolitik

Ridwan Kamil  Disetujui Partai KIM Maju Pilkada Jakarta

×

Ridwan Kamil  Disetujui Partai KIM Maju Pilkada Jakarta

Sebarkan artikel ini
Ridwan Kamil

Jakarta, faktapers.id ~Ridwan Kamil  Disetujui Partai KIM Maju Pilkada Jakarta 2024. Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menyatakan bahwa mantan Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil merupakan kader partai beringin.

Penyataan ini dikatakannya saat ditanya apakah ketua umum partai politik (parpol) Koalisi Indonesia Maju (KIM) sudah sepakat mengusung Emil di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta.

“Pertama, saya tegaskan Pak Ridwan Kamil adalah Wakil Ketua Umum Partai Golkar,” ucap Airlangga di Kantor DPP Partai Golkar, Slipi, Jakarta Barat, Senin (17/6/2024). “Jadi, tentu Pak Ridwan Kamil akan mendengar pertimbangan yang ada, dukungan dari parpol, dan tentu akan ada kesepakatan antar ketua umum,” terangnya.

Menurut Airlangga, Golkar masih melakukan kalkulasi politik sebelum akhirnya memberikan keputusan. Golkar Buka Opsi Usung Gibran atau Ridwan Kamil di Pilpres 2024.

“Sesuai dengan apa yang kesepakatan kita akan terus evaluasi sampai dengan bulan Juli, tentu akan evaluasi siapa yang akan maju dan sebagainya, kita tunggu survei juga,” ungkapnya..

Meski begitu Airlangga enggan mengatakan pihaknya sudah sepakat untuk mengajukan Emil di Pilkada DKI Jakarta ketimbang Pilkada Jabar.

Dalam politik ia dalam pandangannya, tak ada yang disebut dengan pengorbanan. “Sudah saya katakan politik tidak ada korban, jadi aman-aman saja,” tandasnya.

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan sebelumnya menyampaikana, telah bertemu dengan Jokowi dan sejumlah ketua umum parpol pendukung pemerintah. Dalam pertemuan itu, ia mengaku mengusulkan Emil untuk maju dalam Pilkada DKI Jakarta.

Zulhas bahkan menyarankan agar Emil bisa berpasangan dengan Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) sekaligus putra bungsu Jokowi, Kaesang Pangarep.

[]