JabodetabekSosialSpritual

DPD LDII Jaksel Bagikan 25 Ribu Paket Daging Qurban di Hari Raya Idul Adha 1445 H

×

DPD LDII Jaksel Bagikan 25 Ribu Paket Daging Qurban di Hari Raya Idul Adha 1445 H

Sebarkan artikel ini
Membagikan sebanyak 25 ribu kantung paket daging qurban untuk mustahiq (penerima daging qurban), masyarakat sekitar dan kepada 78 majelis taklim binaan LDII di Jakarta Selatan

Jakarta, faktapers.id – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Jakarta Selatan, membagikan sebanyak 25 ribu kantung paket daging qurban untuk mustahiq (penerima daging qurban), masyarakat sekitar dan kepada 78 majelis taklim binaan LDII di Jakarta Selatan yang menggelar kegiatan qurban di Hari Raya Idul Adha 1445 H/2024 M.

Di Hari Raya Idul Adha 1445 H Senin (17/6) hingga Rabu (19/6) hari tasrikh ini dimaknai oleh DPD LDII Jakarta Selatan sebagai momentum berbagi kepada sesama ini.

Untuk jumlah hewan qurban di tahun 2024, DPD LDII berhasil menghimpun sebanyak 677 ekor hewan qurban yang terdiri dari 308 ekor sapi dan 369 ekor kambing dari sebanyak 78 majelis taklim dibawah naungan DPD LDII Jakarta Selatan. Semua hewan qurban berhasil disembelih dan disalurkan serta didistribusikan sesuai dengan ketentuan dan kewajiban.

Ketua DPD LDII Jakarta Selatan, Mulyono, mengatakan salah satu persiapan warga LDII Jaksel menjelang Hari Raya Idul Adha yaitu melakukan sistem tabungan sejak setahun yang lalu.

“Menabung menjadi program rutin khususnya warga LDII Jaksel untuk merealisasikan hewan qurban saat hari raya idul adha. Namun ada juga yang berqurban sendiri atau patungan bersama. Alhamdulillah tahun ini jumlah hewan qurban mengalami peningkatan,” kata Mulyono usai pemotongan hewan qurban di Masjid Baitul Fattah, Cilandak, Jakarta Selatan, Senin, (17/6/2024).

Menurutnya, Idul Adha sudah menjadi kesadaran umat Islam dalam memakai Idul Adha untuk meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT.

“Berqurban menjadi kewajiban yang dilaksanakan dalam menteladani sifat Nabi Ibrahim AS serta makna berbagi kepada sesama dan rasa syukur,” imbuhnya.

Sementara itu Ketua Pelaksana Hewan Qurban di masjid Baitul Fattah, Wildan, menjelaskan untuk menertibkan pembagian daging qurban, LDII menggunakan sistem kupon.

“Seperti tahun-tahun sebelumnya, agar semua bisa merasakan hari raya Idul Adha, kami memberikan kupon untuk masyarakat sekitar, serta dititpkan juga ke masing-masing ketua RT untuk dibagikan ke warga. Sehingga pembagian daging qurban merata,” ungkap Wildan.

Sedangkan untuk tetap menjaga kehigenisan daging qurban yang dibagikan, Wildan juga mengungkapkan proses penyembelihan yang dilakukan LDII mengikuti arahan Lembaga Pendamping Halal (LP3H) LDII pada saat pelatihan Juleha.

“Kemarin juru sembelih kita, sudah mengikuti pelatihan. Ahamdulillah semua sudah tersertifikasi Juleha. Jadi proses pemilihan hingga penyembelihan daging qurban tetap terjaga kehigenisannya serta saat perobohan hewan qurban tidak memberikan cidera,” tambah Wildan.

Tak hanya berbagi, kegiatan ini juga sebagai wujud mempererat silahturahim antara LDII dan warga sekitar. Bahkan, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kelompok Kerja (Pokja) Walikota Jakarta Selatan turut hadir dan meninjau langsung pelaksanaan pembagian daging hewan qurban yang dilaksanakan LDII Jaksel.

Kegiatan Idul Adha dalam hal ini penyembelihan, pemotongan dan pembagian qurban di Masjid Baitul Fattah Cilandak ini turut dihadiri oleh Wakil Ketua LDII Jaksel Sahlan, Dewan Penasehat DPD LDII Jaksel Eddy Supriyadi, RW Cilandak Timur Husni Abdullah, LMK Cilandak Timur Suharno, FKDM Cilandak Timur Taufik, Ketua PC Pasar Minggu Edi Sunarto, dan Pembina DKM Baitul Fatah Cilandak Giyono. Para tokoh-tokoh ini juga turut langsung membagikan ke para mustahiq yang datang ke masjid Baitul Fattah Cilandak.

(Her)