DaerahJawa

Kantor Pertanahan Klaten Gelar Penyuluhan Program PTSL 2024

×

Kantor Pertanahan Klaten Gelar Penyuluhan Program PTSL 2024

Sebarkan artikel ini

Klaten, faktapers.id – Kepala Kantor (Kakan) Pertanahan Kabupaten Klaten Edi Priatmono menjelaskan, pentingnya terkait kegiatan Penyuluhan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) untuk tahun 2024 yang dahulu disebut Program Sertifikat Tanah (PRONA).

Dirinya menjelaskan betapa pentingnya Sertifikat Tanah yang merupakan suatu bentuk kepastian hukum untuk masyarakat itu sendiri kemudian dari sisi ekonomi masyarakat juga bisa terbantu.

Apalagi, jika masyarakat punya usaha kemudian untuk akses permodalan tentunya diharapkan bisa mendongkrak taraf perekonomian dan akan mengalami peningkatan dengan demikian sertifikat ini mempunyai manfaat banyak sekali.

Selanjutnya Edi juga membeberkan perbedaan antara progran Prona dan program PTSL dimana program Prona hanya untuk kalangan tertentu saja yang biasanya diperuntukan bagi masyarakat menengah ke bawah.

Akan tetapi yang menjadi objek PTSL adalah semua bidang tanah yang berada di lokasi yang sudah ditetapkan baik itu tanah instansi pemerintah, tanah desa, tanah keagamaan, tanah hak milik perorangan dan dipetakan dengan target di tahun 2025 bisa selesai.

Lebih lanjut, ia menerangkan dalam rangka pensertifikatan tanah untuk seluruh masyarakat yang ada di Klaten merupakan program prioritas pemerintahan sekitar 340 bidang tanah yang tersebar di beberapa desa dan kecamatan.

“Penyuluhan ini bertujuan untuk mendukung pelaksanaan PTSL Klaten dan pemetaan bidang tanah menuju Klaten Kabupaten Lengkap Spasial 2024,” ungkap Edi Priatmono, disela-sela penyuluhan di Al Hakim Convention Center Klaten, Selasa (6/8/2024).

Kegiatan ini dihadiri Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Kabupaten Klaten, Joko Purwanto, Disperwakim, Kejaksaan Negeri, Kodim 0723 Klaten, Camat, Kepala Desa dan Perangkat Desa dari 5 Kecamatan dan 80 Desa yang ada di Kabupaten Klaten.

(Madi)