JabodetabekPolitik

74 TPS di Jakbar Rawan Banjir, KPU Tekankan Pentingnya Pelatihan Kebencanaan

×

74 TPS di Jakbar Rawan Banjir, KPU Tekankan Pentingnya Pelatihan Kebencanaan

Sebarkan artikel ini

Jakarta, faktapers.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jakarta Barat menekankan pentingnya pelatihan kebencanaan menyusul adanya 74 tempat pemungutan suara (TPS) yang rawan banjir di wilayah Jakbar.

Ketua KPU Jakbar, Endang Istianti mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta terkait pelatihan penanganan bencana.

“Pada pemilu 2024 kemarin ada 74 TPS yang terkena banjir di wilayah Jakarta Barat. 74 TPS ini akan menjadi perhatian kami dan juga kita nanti bersama-sama dengan teman-teman pemangku kebijakan, bersama BPBD akan kembali mengadakan kegiatan pelatihan penanganan bencana,” ujarnya saat dikonfirmasi, Rabu (14/8/2024).

Menurutnya, pelatihan kebencanaan sangat penting karena pada Pemilu 2024 lalu petugas BPBD menjemput para warga pemilih dengan perahu karet menuju TPS.

“Ternyata itu sangat bermanfaat, saat Pemilu 2024 kemarin, kita menjemput pemilih dengan perahu karet menuju TPS,” ungkap Isti.

Meski belum menentukan tanggal pastinya, KPU Jakbar bersama BPBD DKI, Polres Jakbar dan TNI akan mengadakan pelatihan penanganan kebencanaan Pilkada 2024 di Danau Citra 8, Pegadungan, Kalideres, Jakarta Barat.

“Nanti kita kembali mengadakan pelatihan seperti Pemilu lalu bersama-sama dengan teman-teman TNI dan dari Polres juga di Citra 8. Kita berusaha segera, karena ternyata ini sangat penting ya saat bencana,” ucap Isti.

Isti menambahkan, ketika banjir terjadi, potensi TPS dipindahkan akan semakin besar, belum lagi jika tenda TPS hancur akibat banjir. Dari informasi yang himpun terdapat 3.452 TPS di Jakarta Barat dan 74 di antaranya terindikasi rawan banjir.

“Begitu ada bencana tidak terduga, TPS harus pindah, lalu misalnya jika tenda TPS juga sudah hancur, akhirnya kita harus pindah-pindah terus kita harus juga memastikan pemilih bisa tiba di TPS. Jadi itu yang harus kita upayakan,” pungkasnya.

(*/ibeng)