DaerahJawaPolitik

Pergantian Pimpinan Dewan, DPD Golkar Klaten Usulkan 3 Nama ke DPP

×

Pergantian Pimpinan Dewan, DPD Golkar Klaten Usulkan 3 Nama ke DPP

Sebarkan artikel ini

Klaten, faktapers.id- Tiga nama calon legislatif (Caleg) terpilih dari Partai Golkar Klaten diusulkan untuk pergantian pimpinan DPRD menjelang masa bakti berakhir. Mereka adalah, Triyono, Basuki Effendi, dan Bachtiar Joko Widagdo.

Rapat Pleno yang dilaksanakan di Aula Gedung Golkar Klaten, pada Kamis (15/8/2024) ini diikuti oleh segenap Pengurus Harian Partai, Pimpinan Kecamatan, Organisasi Sayap Partai dan wakil dari DPD Golkar Jawa Tengah.

“Setelah diusulkan kami serahkan sepenuhnya rekomendasi itu ke DPP. Untuk kepemimpinan sementara dijabat oleh Adiati Mustikaningsih,” kata Ketua DPD Golkar Klaten, Yoga Hardaya.

Yoga mengungkapkan, pengusulan 3 nama dari caleg terpilih tersebut sudah sesuai dengan peraturan dan mekanisme partai dalam menyikapi masalah pergantian pimpinan DPRD.

Ia juga menyampaikan 3 nama caleg terpilih itu diusulkan menjadi pengganti pimpinan DPRD Klaten karena telah memenuhi kriteria yang diatur dalam peraturan partai.

Dalam proses pengusulannya, lanjut Yoga, tidak ada klausul yang mensyaratkan pengganti pimpinan DPRD Klaten harus kader senior atau baru. Semua memiliki hak yang sama selama memenuhi kriteria.

“Kriterianya banyak, misalnya dia minimal S1, kemudian mematuhi peraturan perundang-undangan, unsur suara terbanyak juga masuk, dan sebagainya,” ungkapnya.

Selain itu, dalam rapat pleno juga prestasi, dedikasi, disiplin, loyalitas, dan tidak tercela (PD2LT) dimasukkan sebagai pertimbangan dan kriteria lainnya untuk menjadi pengganti pimpinan DPRD Klaten.

“PD2LT itu tentu. Kita tidak mau punya pengalaman buruk di belakang. Kalau tiba-tiba sudah diusulkan tapi di tengah jalan seperti itu. Kita tidak mau, makanya selektif banget,” tutup Yoga.

(Madi)