DaerahJawaSeni Budaya

Umbul Ponggok Gelar Upacara Underwater, Usung Tema Lurik Klaten

×

Umbul Ponggok Gelar Upacara Underwater, Usung Tema Lurik Klaten

Sebarkan artikel ini

Klaten, faktapers.id – Obyek Wisata Umbul Ponggok yang berada diwilayah Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten kembali menggelar peringatan HUT Kemerdekaan RI yang ke-79.

Peringatan dilakukan dengan melakukan upacara bendera. Namun upacara bendera yang dilakukan pun berbeda dengan upacara pada umumnya.

Hal ini karena upacara peringatan 17 Agustus 2024 yang diselenggarakan setiap tahunnya di Umbul Ponggok dilakukan di bawah air (Underwater).

“Semua pengunjung kita libatkan tanpa dipungut biaya. Kita rayakan bersama-sama,” kata Agus Gondrong, pengelola wisata Umbul Ponggok, Sabtu (17/8/2024).

Tema tahun ini mengangkat produk Asli Klaten yaitu Lurik. Adapun saat upacara bawah air berlangsung, Umbul Ponggok tetap buka mulai pukul 07.00 WIB.

“Satu keunikan di Umbul Ponggok yang kita jual sebagai wisata baru dalam arti wisata upacara dibawah air,” sambung Pria yang akrab dipanggil Mbah Gondrong ini.

Bagi wisatawan bisa ikut menyaksikan upacara bawah air di Umbul Ponggok, tidak ada kenaikan harga tiket tetap seperti biasa yaitu sebesar Rp 15.000 per orang.

“Wisata upacara underwater ini diharapkan bisa mendukung pergerakan perekonomian di Ponggok dan wisata air ini sendiri bisa menggeliat meski belum 100 persen,” tuturnya.

Dalam rangka memperingati HUT Ke-79 Kemerdekaan RI ini Obyek Wisata Umbul Ponggok tidak hanya menggelar acara upacara dibawah air saja.

Ada pula acara lain yang tidak kalah menarik usai upacara bendera, yakni lomba adu tangkas tangkap bebek di kolam dan antusias pengunjung luar biasa.

Lomba tangkas tangkap bebek dimulai pukul 11.00 WIB. Dengan mengikuti lomba tangkap bebek ini, pengunjung akan berpeluang untuk mendapatkan voucer.

(Madi)