DaerahJawaOlahraga

Puncak Hantaru ke-64, BPN Klaten Gelar Jalan Sehat

×

Puncak Hantaru ke-64, BPN Klaten Gelar Jalan Sehat

Sebarkan artikel ini
Kepala Kantor BPN/ATR Klaten, Edy Priatmono.foto.dok.radarbuana.com/Rio.

Klaten, faktapers.id – Memperingati Hari Agraria dan Tata Ruang (Hantaru) yang ke-64, Kantor Pertanahan Kabupaten Klaten mengadakan serangkaian puncak kegiatan menarik, ditutup dengan kegiatan jalan sehat yang diadakan di Gedung Graha Bung Karno (GBK), Buntalan, Klaten Tengah, Sabtu (05/10/2024) pagi.

Kegiatan ini dihadiri oleh berbagai stakeholder, termasuk pejabat pemerintah, tokoh masyarakat, dan warga setempat. Acara dimulai dengan jalan sehat yang diikuti oleh ratusan peserta, menunjukkan antusiasme masyarakat terhadap pentingnya kesehatan dan kebersamaan.

Setelah kegiatan jalan sehat, dilanjutkan dengan donor darah sebagai bagian dari rangkaian peringatan Hantaru. Ini menunjukkan kepedulian Kantor Pertanahan Klaten tidak hanya dalam bidang agraria dan tata ruang, tetapi juga dalam mendukung kegiatan sosial yang bermanfaat bagi masyarakat.

Puncak acara dilaksanakan dengan senam bersama yang bertujuan untuk meningkatkan kebugaran dan mempererat silaturahmi antar peserta. Kegiatan ini menjadi ajang untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan di tengah kesibukan sehari-hari.

Kepala Kantor BPN/ATR Klaten, Edy Priatmono, dalam sambutannya mengungkapkan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari komitmen untuk mendukung program-program yang dicanangkan oleh pemerintah.

Ia juga menambahkan bahwa pada bulan Juni lalu, Kantor Pertanahan Klaten telah meluncurkan sertifikat elektronik, yang memberikan kemudahan dan keamanan dalam pengelolaan sertifikat tanah.

“Keunggulan sertifikat elektronik ini terletak pada keamanan yang terjamin. Jika hilang, data sertifikat masih dapat diakses,” jelasnya.

Edy Priatmono juga menyampaikan bahwa sosialisasi tentang sertifikat elektronik telah dilakukan hampir di seluruh desa di Klaten. “Kami berkomitmen untuk melindungi data sertifikat dan memastikan setiap warga memiliki akses yang aman terhadapnya,” tambahnya.

Di sisi lain, terkait proyek infrastruktur, Edy mengungkapkan bahwa pembangunan jalan tol di Klaten telah mencapai 98 persen dan diperkirakan bisa digunakan saat liburan tahun ini. Diharapkan dapat memperlancar akses transportasi dan mendukung pertumbuhan ekonomi di wilayah Klaten.

Kantor Agraria dan Tata Ruang Klaten juga telah melaksanakan hampir 100 persen dalam program Pendaftaran Tanah Sistem Lengkap (PTSL). Pada tahun 2024, ditargetkan ada 347 bidang yang akan didaftarkan.

“Jika ada sertifikat hijau, dapat diganti dengan sertifikat elektronik, sehingga mempermudah masyarakat dalam mengurus administrasi tanah,” tandasnya.

Dengan berbagai kegiatan ini, diharapkan masyarakat semakin memahami pentingnya agraria dan tata ruang, serta merasakan manfaat dari pelayanan yang diberikan oleh Kantor Pertanahan Klaten.

Kegiatan Hantaru tahun ini menjadi momentum untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam pengelolaan tanah yang lebih baik.

(Madi)