Ekonomi BisnisJabodetabek

Jaga Rantai Pasok Logistik Nasional, TPK Koja Konsisten Operasional 24/7

83
×

Jaga Rantai Pasok Logistik Nasional, TPK Koja Konsisten Operasional 24/7

Sebarkan artikel ini

Jakarta, faktapers.id – Libur panjang dan cuti bersama Hari Raya Waisak tidak membuat layanan operasional di Terminal Petikemas Koja kendor.

“Kami komit memberikan layanan terbaik pada customer, sekalipun ada masa libur dan cuti bersama,” ujar Paulus Sekper TPK Koja pada jumat 9/5/ 2025.

Untuk untuk itu, manajemen TPK Koja telah mengambil sejumlah langkah
antisi patif guna memastikan kelancaran arus barang dan menjamin pelayanan optimal kepada pengguna jasa.

Adapun langkah-langkah strategis yang dilakukan antara lain : Optimalisasi SDM dan Peralatan.

Seluruh personel operasional bekerja selama 24 jam dalam pola shift untuk memastikan kesiapan penuh selama libur waisak dan cuti bersama serta pasca libur. Peralatan utama seperti quay crane, RTG, dan reach stacker dipastikan dalam kondisi prima untuk mendukung kelancaran kegiatan bongkar muat dengan menyiapkan minimal 21 RTG dalam proses pelayanan di lapangan untuk kegiatan bongkar muat kapal, receiving dan delivery.

Koordinasi dengan Stakeholder terkait. Yakni berkoordinasi dengan pihak otoritas pelabuhan, Bea Cukai, asosiasi pengguna jasa pelabuhan, serta instansi terkait lainnya untuk memitigasi potensi kemacetan dan keterlambatan proses administratif, termasuk dalam pelaksanaan pemindahan lokasi penumpukan (PLP).
Kemudian, menghimbau Depo agar Operasional di Hari Libur.
Dalam rangka menjaga kelancaran alur logistik, kami juga menghimbau kepada seluruh depo mitra untuk tetap melakukan kegiatan penarikan kontainer dari terminal selama hari libur. Hal ini diharapkan dapat mengurangi kepadatan di lapangan penumpukan dan mempercepat arus keluar barang pasca libur panjang.

Selanjutnya, monitoring kondisi YOR (Yard Ocupancy Ratio) dan Evaluasi Real-Time.
Sistem pemantauan operasional TPK Koja akan terus aktif untuk memantau pergerakan petikemas dan mengantisipasi YOR. Berdasarkan kondisi saat ini dan forecast rencana kedatangan kapal selama libur panjang YOR Terminal Petikemas Koja masih dalam kondisi aman yakni masih dibawah 50%. Dan mengantisipasi adanya kepadatan pada area receiving, delivery, dan gate in/out saat libur dan pasca libur.
Terakhir, dengan perkuatan layanan pelanggan.

Menurut Paulus,
Tim layanan pelanggan TPK Koja siap memberikan informasi terkini terkait status petikemas, jadwal operasional, dan solusi atas kendala yang dihadapi pengguna jasa. “Jika ada kendala dalam pelayanan kami, Kami telah menyiapkan Ruang Information Centre yang didalamnya ada petugas yang standby 24 Jam,” kata Paulus.

Ditambahkan Paulus, pihaknya memahami betapa pentingnya menjaga kelancaran rantai pasok nasional. Oleh karena itu, akan selalu komit memberikan pelayanan terbaik dan responsif terhadap kebutuhan pengguna jasa pasca libur panjang.
“Kami telah menyusun skenario operasional berbasis data historis trafik pasca-libur nasional. Dengan penguatan SDM, sistem digital, serta koordinasi lapangan. Kami optimistis dapat mengelola lonjakan aktivitas secara efisien tanpa mengganggu waktu tinggal petikemas, guna mendukung stabiliyas logistik nasional,” pungkas Paulus.

(Han)