Headline

Inspiratif, Petani Sayur di Gowa Sumbangkan Hasil Panen ke DU Brimob Polda Sulsel

×

Inspiratif, Petani Sayur di Gowa Sumbangkan Hasil Panen ke DU Brimob Polda Sulsel

Sebarkan artikel ini

Gowa, faktapers.id – Program berbagi sayur oleh petani di dataran tinggi Kabupaten Gowa yakni Kecamatan Tombolo Pao dan Tinggimoncong telah berjalan sejak bulan Ramadan lalu.

Diinisiasi oleh Rumah Koran dan Kesatuan Brimob Polda Sulawesi Selatan. Rumah Koran sebagai Komunitas yang bergerak sebagai Pustaka Tani dan gerakan cerdas anak petani, sebagai bentuk kepedulian para petani terhadap kebutuhan pangan dan sayur mayur di tengah pandemi virus corona (Covid-19).

Sedangkan Kesatuan Brimob Polda Sulsel sebagai penjemput, hingga ke rumah-rumah petani di Kampung Sayur Kabupaten Gowa, untuk selanjutnya dibawa ke Dapur Umum Kesatuan Brimob Polda Sulsel, untuk dimasak dan kembali dibagikan ke masyarakat kota yang terdampak Covid-19

Tidak sampai di situ, program berbagi sayur oleh petani dan Polri Menjemput terus berkembang dan diikuti oleh beberapa dapur umum Polres yang ada di Sulawesi Selatan untuk kemudian ikut memfasilitasi petani yang ingin menyumbangkan sayurnya untuk dijemput dan juga dibawa ke dapur umum mereka.

Program ini, hingga saat ini masih terus berjalan, sayur-sayur tersebut telah distribusikan k ebeberapa Dapur Umum Polri, desa-desa yang terisolasi dan warga Kota Makassar yang terdampak Covid-19.

Sayur-sayur yang berhasil disumbangkan merupakan hasil partisipasi para pedagang dan petani sayur di dua kecamatan di dataran Tinggi Kabupaten Gowa.

Adapun jenis sayur yang berhasil disumbangkan oleh petani dan pedagang sayur seperti kol, sawi, daun bawang, tomat, labu siam, daun seledri, kentang, labu kuning, dan wortel.

Hingga saat ini telah terhitung 10 ton sayur mayur yang berhasil didistribusikan ke beberapa kabupaten seperti Kabupaten Sinjai, Kabupaten Takalar, Sungguminasa Kabupaten Gowa, Kota Palopo, dan Kota Makassar.

“Program ini merupakan bentuk kepedulian para petani sayur kepada saudara-saudara kita yang membutuhkan dan kenapa harus petani memberi karena selama Covid-19 para petani di tempat kami masih produktif dan terus mengelola pertanian dan menghasilkan sayur mayur yang melimpah,” kata Koordinator Petani Memberi Sayur Segar, Jamaluddin.

“Dari sinilah kami mencoba melakukan koordinasi dan mengajak petani dan pedagang sayur untuk menyumbang sayur dan Alhamdulillah antusiasme mereka sangat besar. Sehingga dari beberapa kali pengumpulan sayur yang telah berhasil didistribusikan ke beberapa Dapur Umum Polri dan desa yang terisolasi telah tercatat puluhan ton yang telah berhasil terkumpul dan disumbangkan,” lanjutnya.

Sementara Ipda Purwanto mewakili Kesatuan Brimob Polda Sulsel merasa senang karena mampu hadir di tengah Covid-19, yaitu dengan menjadi fasilitator, dengan menjemput sayur-sayur petani hingga akhirnya sampai di dapur umum Kesatuan Brimob Polda Sulsel dan ternyata berkembang hingga akhirnya diikuti oleh Dapur Umum Polres lain, yang juga ikut menjemput sayur sumbangan petani di Kampung Sayur.

“Hal tersebut perlu disyukuri dan kami akan terus memberikan dukungan ke petani agar niat baiknya menyalurkan bantuan sayur mayur ke masyarakat yang terdampak Covid-19,” pungkasnya. (Kartia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *