Headline

Kapolsek Banjar Agus Dwi Wirawan Gaungkan Budaya Penggunaan Helm dan Masker

×

Kapolsek Banjar Agus Dwi Wirawan Gaungkan Budaya Penggunaan Helm dan Masker

Sebarkan artikel ini

Bali, faktapers.id – Virus corona (Covid-19) memaksa perilaku sosial masyarakat harus hidup menyesuaikan dengan kondisi. Tak pelak masker pun sebagai alat pelindung diri  maupun helm menjadi budaya.

Untuk itu, aparat Kepolisian Polres Buleleng merasa perlu memberikan edukasi melalui deklarasi bersama instansi pemerintah Pemerintah Kabupaten Buleleng agar masyarakat mengerti dan taat pada aturan yang digariskan pemerintah.

Polres Buleleng melalui Polsek Banjar, Senin (8/6) menggelar acara deklarasi bersama tentang ketaatan penggunaan helm dan masker saat berkendara di jalan. Sejumlah tokoh dilibatkan dalam acara seremoni di Halaman Mapolsek Banjar.

Selain melibatkan Muspika Kecamatan Banjar, elemen civil society juga  ikut dilibatkan, seperti Majelis Desa Adat Kecamatan, Barisan Serba Guna (Banser) NU Banjar termasuk perwakilan Pengurus Masjid Kecamatan Banjar yang disertai dengan penandatanganan pada lembar baliho.

Deklarasi tersebut akan terus digaungkan di masing-masing Polsek sehingga ketertiban dan ketaatan masyarakat saat berkendara menggunakan helm dan masker menjadi budaya di Bali sehingga Bali yang dipilih dalam penerapan new normal dapat terlaksana dengan baik dan keterpurukan pariwisata akibat pandemi kembali betul-betul normal.

Kapolsek Banjar, AKP Made Agus Dwi Wirawan seizin Kapolres Buleleng AKBP I Made Sinar Subawa mengatakan, bersama Muspika Banjar pihaknya ingin melakukan edukasi agar masyarakat taat pada aturan menggunakan masker dan helm saat berkendara.

“Kita ingin menekan pandemi Covid-19 di samping keselamatan masyarakat saat berkendara. Berdasar base on data lakalantas banyak yang meninggal dunia akibat cidera serius di kepala karena tidak mengindahkan penggunaan helm sehingga kita sikapi ini secara serius agar masker dan helm wajib dikenakan ketika berkendara,” kata Agus Dwi Wirawan.

Edukasi selain dilakukan langsung di jalan, menurut AKP Agus juga akan dilakukan  melalui sekolah maupun Bhabinkamtibmas di tingkat desa.

“Kita sudah lakukan edukasi secara terus menerus di sekolah, desa maupun di jalan agar masyarakat patuh terhadap aturan untuk keamanan diri sendiri,” tandasnya.

Sisi lain, Ketua Majelis Desa Adat Kecamatan Banjar, I Putu Darsana menyambut baik acara deklarasi kepatuhan dari Polsek Banjar. Darsana mengimbau masyarakat untuk selalu ingat menggunakan masker dan helm saat berada di ruang publik maupun saat berkendaraa.

“Kami berharap masyakarat patuh dan mau mengikuti aturan menggunakan masker dan helm jika menggunakan sepeda motor. Ini juga untuk keselamatan bersama,” paparnya. (Des)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *