Hari Guru Internasional, Kasudin Pendidikan Jakbar I: Kita Harus Melindungi Hak Atas Pendidikan Ditengah Pandemi

×

Hari Guru Internasional, Kasudin Pendidikan Jakbar I: Kita Harus Melindungi Hak Atas Pendidikan Ditengah Pandemi

Sebarkan artikel ini

Jakarta, Faktapers.id – Pada tanggal 5 Oktober hari ini, diperingati sebagai Hari Guru Sedunia atau World Teacher’s Day (WTD). Kepala Suku Dinas (Kasudin) Pendidikan Jakarta Barat 1, DR. Agus Ramdani di hari Guru Internasional ini mengucapkan Selamat Kepada Para Guru Seluruh Indonesia. Ia mengutarakan Hari Guru Sedunia tahun ini adalah memperingati para guru dengan tema “Guru: Memimpin dalam krisis, menata kembali masa depan”.

“Hari ini memberikan kesempatan untuk merayakan profesi guru di seluruh dunia, mencatat prestasi, dan menarik perhatian ke suara para guru. Guru merupakan jantung dari upaya untuk mencapai target pendidikan global tanpa meninggalkan siapa pun. Pandemi Covid-19 telah secara signifikan menambah tantangan yang dihadapi oleh sistem pendidikan di seluruh dunia,” terangnya.

Tidaklah berlebihan untuk mengatakan bahwa dunia berada di persimpangan jalan dan, sekarang lebih dari sebelumnya. Kita harus bekerja dengan para guru untuk melindungi hak atas pendidikan di tengah pandemi,” tambah Kasudin Pendidikan Jakarta Barat 1.

Perlu diketahui Hari Guru Sedunia menurut UNESCO,  diadakan setiap tahun sejak 1994 untuk memperingati hari jadi diadopsinya Rekomendasi ILO / UNESCO 1966 tentang Status Guru.

Rekomendasi ini menetapkan tolok ukur mengenai hak dan tanggung jawab guru dan standar untuk persiapan awal dan pendidikan lanjutan mereka, perekrutan, pekerjaan, dan kondisi belajar mengajar. Rekomendasi tentang Status Tenaga Kependidikan Perguruan Tinggi diadopsi pada tahun 1997 untuk melengkapi Rekomendasi tahun 1966 dengan mencakup tenaga pengajar dan peneliti di perguruan tinggi.

“Di seluruh dunia, mereka telah bekerja secara individu dan kolektif untuk menemukan solusi dan menciptakan pembelajaran baru bagi siswa agar pendidikan dapat dilanjutkan. Peran mereka memberi nasihat tentang rencana pembukaan kembali sekolah dan mendukung siswa dengan kembali ke sekolah sama pentingnya,” tulis UNESCO. Uaa/Kornel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *