Rabu, Juni 16, 2021
BerandaUntuk Melacak Siswa, Sekolah di Cina Gunakan Seragam Pintar
Array

Untuk Melacak Siswa, Sekolah di Cina Gunakan Seragam Pintar

Jakarta, faktapers.id – Kini sekolah-sekolah di Cina melacak lokasi siswa mereka menggunakan smart uniform yang dilengkapi chip.

Chip ini mengidentifikasi kapan siswa memasuki atau meninggalkan halaman sekolah, dan secara otomatis mengirimkan data itu kepada orang tua dan guru. Para orang tua juga diberi aplikasi yang memungkinkan mereka melihat rekaman video waktu masuk dan pulangnya anak.

Menurut perusahaan penyedia teknologi seragam ini, Guizhou Guanyu, alarm suara otomatis akan diaktifkan jika siswa yang mengenakan seragam cerdas keluar dari sekolah tanpa izin.

smart uniform ini digunakan untuk mendorong tingkat kehadiran yang lebih baik dan juga melacak keberadaan siswa. Jadi setiap seragam memiliki dua keping chip di bahu yang digunakan untuk melacak kapan dan di mana siswa masuk atau ke luar sekolah.

Ditambah lagi dengan software pengenal wajah di pintu masuk akan membantu mengidentifikasi siswa yang menggunakan smart uniform. Bila siswa mencoba pergi selama jam sekolah, maka alarm akan berbunyi.

Menurut Guizhou Guanyu Technology Company, seragam tersebut bisa dicuci hingga 500 kali dan bisa bertahan hingga 150 derajat Celcius. Bukan hanya itu, chip dalam seragam tersebut juga bisa mendeteksi saat seorang siswa tertidur di kelas.

Chip ini juga memungkinkan siswa untuk melakukan pembayaran menggunakan pengenalan wajah atau sidik jari untuk mengonfirmasi pembelian.

Faktor-faktor tersebut menimbulkan beberapa keprihatinan serius terutama menyangkut hak privasi anak-anak. Namun, seragam ini terbukti meningkatkan tingkat kehadiran siswa sehingga mungkin akan digunakan lebih luas di China.

Saat ini, smart uniform telah digunakan di 10 sekolah di Provinsi Guizhou, lebih dari 800 siswa telah menggunakan seragam ini sejak 2016. rwd

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments