Jumat, Juni 25, 2021
BerandaBakti Negeri Merah Putih Narapidana Lapas Kelas I Makassar di Masjid Nurul...
Array

Bakti Negeri Merah Putih Narapidana Lapas Kelas I Makassar di Masjid Nurul Ilmi UNM

Makassar, faktapers.id – Wujud rasa kecintaan terhadap bangsa dan negara, serta membangun kembali semangat para pelanggar hukum, agar dapat berintegrasi kepada masyarakat setempat secara sehat, merupakan suatu tujuan dan konsep dari sistem Pemasyarakatan, dalam rangka membentuk pribadi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) agar menjadi manusia yang menyadari kesalahan, memperbaiki diri, dan tidak mengulangi perbuatannya.

Sejalan dengan hal tersebut, kegiatan Bakti Negeri Merah Putih Narapidana yang dilaksanakan di Masjid Nurul Ilmi Universitas Negeri Makassar, Jl. Pendidikan Kota Makassar, bertujuan untuk membangun semangat Narapidana menjadi pelopor penggerak kegiatan yang bermanfaat untuk masyarakat, salah satunya yang dilakukan pada pagi ini, Rabu (27/3/19).

Sebelum memulai kerja bakti dilakukan Apel Pagi bersama seluruh jajaran pejabat, dan seluruh pegawai Lapas, Rutan, dan Bapas beserta Narapidana yang mengikuti asimilasi, dipimpin langsung oleh Kepala Divisi Administrasi Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan, Abd. Rahman, sekaligus membuka kegiatan Bakti Negara Merah Putih Narapidana ini.

Dalam sambutannya Abd Rahman menyampaikan rasa terima kasih atas kesediaan seluruh peserta apel untuk melaksanakan kerja bakti Pemasyarakatan dimana kegiatan tersebut merupakan wujud nyata dan realisasi dari kebijakan Direktorat Jenderal Pemasyarakatan, Sri Puguh Budi Utami dalam menyambut Hari Bhakti Pemasyarakatan yang ke-55.

“Saya selaku yang dituakan, menyampaikan rasa terima kasih atas kesediaannya melaksanakan kerja bakti pemasyarakatan, dimana adalah wujud nyata atau merealisasikan kebijakan Ibu Dirjen Pemasyarakatan dalam mengisi rangkaian Hari Bhakti Pemasyarakatan 2019, ini juga merupakan salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat, dimana kita harus bersosialisasi langsung kepada masyarakat, juga merupakan suatu bentuk pengabdian menuju Zona Integritas WBK dan WBBM” tutur Kadiv Min dalam sambutannya.

Ia juga berpesan bahwa awal dari pengabdian Narapidana pada hari ini dapat menjadi bentuk inovasi untuk mewujudkan pengabdian Narapidana kepada masyarakat luas sebagaimana tujuan dari Pemasyarakatan, ia juga mengimbau untuk kegiatan ini harus selalu dikembangkan agar menjadi contoh yang baik kepada masyarakat sehingga dapat memotivasi masyarakat untuk ikut menjaga lingkungan.

Turut hadir pada pelaksanaan Apel Pagi, Ketua Masjid Nurul Ilmi Universitas Negeri Makassar, Prof Dr HM Hanafi M, mengutarakan bahwa keadaan di Masjid Nurul Ilmi sedang dilakukan renovasi sehingga kedatangan para pegawai dan Narapidana yang akan melakukan kerja bakti sangat membantu pengurus masjid untuk membersihkan halaman masjid.

“Di masjid kita ini sedang dilakukan renovasi sehingga banyak terdapat sampah-sampah dan lain sebagainya, saya kira kedatangan bapak dan ibu sekalian sangat membantu para pengurus masjid saya harap kegiatan yang dilakukan pada hari ini dapat bernilai ibadah untuk kita semua” tutur Ketua Masjid Nurul Ilmi.

Kegiatan ini dilanjutkan dengan pembagian sektor kebersihan yang dimana Lapas Kelas I Makassar kebagian tempat di sekitar halaman belakang Masjid, terlihat seluruh Warga Binaan Pemasyarakatan Lapas Makassar membersihkan saluran air masjid, mengangkat timbunan sampah yang berserakatan di pinggir halaman masjid.

Dan dilanjutkan dengan pengecatan tembok Masjid Nurul Ilmi yang sudah kusam. Diharapkan melalui kegiatan Bakti Negeri Merah Putih Narapidana, WBP dapat memperbaiki diri, tidak mengulangi tindak pidananya lagi, sehingga WBP dapat diterima kembali oleh lingkungan masyarakat, berperan aktif dalam pembangunan Bangsa dan Negara serta hidup secara wajar sebagai warga Negara yang baik dan bertanggung jawab. kartia

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments