Sabtu, April 17, 2021
BerandaMalam Hiburan Rakyat di Mahulu, Bupati Bonifasius: Semangat Membara Ir Soekarno Wajib...
Array

Malam Hiburan Rakyat di Mahulu, Bupati Bonifasius: Semangat Membara Ir Soekarno Wajib Diwarisi Generasi Kini

Mahakam Ulu, faktapers.id – Meski sederhana, namun malam puncak HUT ke-74 Kemerdekaan RI Tahun 2019 di Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu), Kaltim, dimeriahkan hiburan rakyat. Acaranya dihelat di Lapangan Kampung Ujoh Bilang, Kecamatan Long Bagun, Sabtu (17/8/19) malam.

Meski dipenghujung acara itu warga dilapangan sempat diguyur hujan, namun tak menyurutkan semangat mereka. Ribuan warga dihibur oleh Band D’One dari Kota Samarinda dan sejumlah artis lokal Kaltim. Tak kalah memukau warga, saat penampilan Grup Sapeq Putra Daerah (GSPD) dibawah binaan Sekretaris Daerah Kabupaten Mahulu Yohanes Avun, serta tarian daerah khas Kabupaten Mahulu.

Bupati Mahulu, Bonifasius Belawan Geh SH dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada panitia penyelenggara HUT ke-74 Kemerdekaan RI, semua pihak, dan masyarakat se-Mahulu. Karena seluruh rangkaian acara dan kegiatan berjalan sukses.

“Seiring rasa syukur kita wajib mengheningkan cipta, mengenang nama-nama pahlawan yang tercatat dalam sejarah perjuangan Bangsa Indonesia untuk merebut kemerdekaan yang diprolamasikan pada 74 tahun silam,” ujar Bupati dari panggung utama.

Bupati menegaskan, guna mengenang jasa para pahlawan tersebut, maka saat ini sebagai generasi penerus perjuangan diminta untuk mengisi pembangunan. Menurutnya, semangat membara Ir Soekarno (Presiden RI Pertama) untuk berjuang, wajib diwarisi generasi masa kini.

“Tinjauan historis, pembangunan NKRI dilakukan sejak 17 Agustus 1945. Sejak saat itu ada ‘subsidi silang’ dari pemerintah pusat ke daerah. Hal itu sampai saat ini masih terus berlangsung. Artinya pembangunan daerah dewasa ini bersinergi dengan provinsi dan pusat,” beber Bonifasius Belawan Geh.

Bupati menyebut, masyarakat 5 kecamatan se-Mahulu sangat bersyukur karena saat ini wilayah yang berada di perbatasan negara itu telah berdiri sendiri menjadi salah satu kabupaten di Indonesia.

“Meski penduduk dan Sumber Daya Alam (SDA) minim, kita harus mampu bersaing dengan daerah lainnya. Bersaing dalam pembangunan untuk menuju kesejahteraan masyarakat,” ucapnya.

“Masyarakat Mahulu perlu tanggap terhadap perkembangan teknologi. Pemkab akan mengembangkan sektor ekonomi pertanian dan perkebunan bagi masyarakat 5 kecamatan se-Mahulu. Yaitu dengan pengembangan petani cokelat (kakau),” tambahnya.

Dipenghujung sambutannya, Bupati Bonifasius atas nama Pemkab Mahulu mengucapkan terima kasih dukungan semua pihak selama ini kepada Pemerintah. Dia mengimbau seluruh komponen masyarakat Mahulu agar bersatu bergandeng tangan dalam membangun daerah.

“Terima kasih kepada semua pelaku usaha, tetap lakukan pasokan dan jaga harga kebutuhan pokok menuju dua kecamatan diperbatasan. Karena saat ini musim kemarau. Kepada para Camat se-Mahulu, jembatani kebijakan Bupati kepada Pemerintah Kampung, membangun Mahulu untuk semua sejahtera berkeadilan, Dirgahayu ke-74 RI,” tandasnya.

Ketua Panitia Penyelenggara HUT ke-74 Kemerdekaan RI Kabupaten Mahulu, Nasution Hibau Jaang SSos, dalam laporannya dihadapan Bupati mengatakan seluruh rangkaian acara dalam kegiatan itu sejak awal berdasarkan SK Bupati Mahulu Nomor : 800.05 100.101 003.1/K 239A/2019 tentang Pembentukan Panitia Pelaksana kegiatan itu.

“Tujuannya meningkatkan kesadaran berbangsa dan bernegara, melestarikan nilai-nilai luhur adat budaya, serta kearifan lokal didalam masyarakat,” urai Nasution Hibau Jaang yang juga Kepala Diskominfo Mahulu.

Hibau Jaang melaporkan bahwa pembiayaan pelaksanaan kegiatan peringatan HUT ke-74 RI di Mahulu tahun 2019 melalui DPA Bagian Pemerintahan Setkab Mahulu sebesar Rp 495 juta. Juga ditambah sumbangan dari OPD dan pejabat dilingkup Pemkab Mahulu, sehingga totalnya biaya sebesar Rp 609.270.000.

“Atas nama panitia penyelenggara, ucapan terima kasih kami kepada Pemkab Mahulu, terutama Bapak Bupati yang telah memberikan bantuan dan arahan. Juga para donator, seluruh lapisan masyarakat, serta semua pihak yang tidak bisa kami sebutkan satu-persatu,” imbuhnya.

Hadir pula dalam acara itu Wakil Bupati Mahulu Y Juan Jenau, Sekda Mahulu Yohanes Avun, Wakil Ketua Sementara DPRD Mahulu Tiopilus Hanye, Ketua TP-PKK Mahulu Yovita Bulan Bonifasius, Wakil Ketua TP-PKK dan Anggota DPRD Mahulu Martina Luaq dan sejumlah Anggota DPRD Mahulu, Dansatgas Yonif Raider 303/Setia Sampai Mati (SSM) Letkol Taufik Ismail, Pabung Kodim 0912 Kubar Mayor Inf Sully Hartoyo, Forkopimda dan sejumlah kepala SKPD Mahulu. Iyd

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments