oleh

Antisipasi Penularan Covid 19 Kolinlamil Semprot Cairan Disinfektan dan Periksa Suhu Prajurit

-News-113 views

Jakarta, faktapers.id – Merebaknya Kasus virus Corona di dunia, telah mewabah hingga 118 negara termasuk Indonesia. Di Indonesia telah tercatat sebanyak 172 orang (17/3/2020) Juru Bicara Pemerintah untuk Penangan Virus Corona, Achmad Yurianto. Langkah antisipasi telah dilakukan oleh TNI maupun TNI AL.

Berbagai himbauan baik lisan maupun spanduk telah banyak terpampang.
Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) dalam mengatasi merebaknya virus Corona telah melakukan langkah-langkah antisipatif mulai ceramah yang diberikan oleh Dinas Kesehatan Kolinlamil maupun berbagai informasi yang disampaikan melalui berbagai sarana media.

Seperti Rabu pagi, (18/3) Diskes Kolinlamil bersama dengan Staf intelijen dan Dinas Provoos melaksanakan pemeriksaan suhu kepada para prajurit yang masuk ke Mako mulai pagi pukul 06.00 WIB sebagai bentuk pencegahan dengan mengunakan termometer infrared.

Tidak luput pula para pekerja yang merupakan mitra Kolinlamil, mengikuti prosedur yang ada dengan diperiksa suhu tubuhnya hingga memasuki ruang penyemprotan disinfektan oleh tim kesehatan Diskes Kolinlamil.

Seluruh kendaraan yang masuk pun tidak lepas dari prosedur tetap kesehatan pendeteksian virus yang telah menjadi pandemik ini. Begitupun Panglima Kolinlamil Laksda TNI Ahmadi Heri Purwono, S.E., yang saat masuk dengan kendaraan dinasnya melalui protap kesehatan yang telah ditetapkan Kementerian kesehatan untuk diperiksa suhunya dengan alat thermometer infrared dan dilakukan penyemprotan disinfektan.

“Kegiatan ini dalam rangka menekan penyebaran virus korona yang sedang merebak agar tidak mewabah,” ujarnya.
Dirinya juga sudah memerintahkan Diskes Kolinlamil untuk melakukan pembersihan di tempat-tempat terbuka dan ruangan-ruangan Mako Kolinlamil.

“Selain melakukan pembersihan kami juga menghimbau menggunakan antiseptik sebagai upaya untuk pencegahan dari virus corona,” pungkasnya.
Dan sesuai laporan tidak ada yang menonjol dan perlu diawasi dari sebagian prajurit Kolinlamil.

“Menurut rencana pemeriksaan ini akan dilaksanakan tiap hari menjelang prajurit masuk kantor dan dilaksanakan kepada semua orang yang masuk ke Kolinlamil,” jelas Kadiskes Kolinlamil Letkol Laut (K) dr. Ari Widiyasa, Sp. OG.

Pihaknya mengimbau agar setiap waktu sesering mungkin melakukan cuci tangan yang baik dan benar. Mulai dari membersihkan sela-sela jari di dalam maupun di punggung jari. Sedangkan Himbauan bagi yang beragama islam sebelum sholat pasti wudhu karena menjaga kesucian dan kebersihan membersihkan tangan dan wajah juga bisa menangkal virus korona.

Kolinlamil juga melaksanakan penyemprotan dengan disinfektan yang disemprotkan kepada seluruh ruangan serta areal publik yang biasa digunakan untuk umum. Rencana penyemprotan terus dilaksanakan guna mengantisipasi penyebaran virus Corona.(Han)

Komentar

News Feed