Headline

Pasca Pengukuran, Irigasi Saluran Solojirang Kelurahan Turikal Belum Sama Sekali Ditindak Lanjuti

×

Pasca Pengukuran, Irigasi Saluran Solojirang Kelurahan Turikal Belum Sama Sekali Ditindak Lanjuti

Sebarkan artikel ini

Maros, Faktapers.id – Kurang Lebih 4 (empat) Bulan Pasca Pengukuran irigasi saluran solojirang Kelurahan Turikale kec. Turikale Kabupaten  Maros , belum sama sekali ditindak lanjuti hingga saat ini oleh pihak terkait , PUPR SDA pemprov sulsel.

Saluran irigasi solojirang Turikale merupakan akses utama pengairan sektor pertanian bagi masyarakat petani. Kondisi saluran irigasi solojirang saat ini, mengalami pendangkalan sehingga dapat berdampak yang tidak diinginkan nantinya bagi masyarakat petani dan juga bagi masyarakat lainnya, apa bila tidak ditindak lanjuti.

Salah satu anggota Brigade 83 BAIN HAM RI, A. Baso Amir mengatakan , apabila tidak dilakukan pengerukan irigasi saluran solojirang akan berdampak pendangkalan yang dapat mengakibatkan banjir, yang juga dapat merugikan bagi masyarakat yang berutinitasnya sebagai petani.

Olehnya itu dalam kondisi kemarau saat ini, perlu diambil langkah langkah untuk dapat diantisipasi yang kemungkinan besar terjadi dampak bagi masyarakat pihak terkait jangan tunggu untuk di inisiasi,

Saluran irigasi solojirang tersebut, adalah akses pengairan dari bendungan Bantimurung sebagai sarana pendistribusian air bagi petani. Akan tetapi jika terus terjadi pendangkalan saluran irigasi solojirang ,akan menjadi sarana penyakit bagi masyarakat turikale dan sekitarnya, karna pendangkalan saluran menimbulkan bau yang tak sedap dihirup bagi masyarakat.

Pendangkalan saluran Irigasi Solojirang juga bisa menjadi sumber bencana kebanjiran , apabila nantinya masuk pada musim hujan dan tidak dapat menampung intensitas curah hujan.

Olehnya itu masyarakat berharap agar instansi terkait dengan segerah melakukan upaya pengendalian yang kemungkinan besar akan terjadi dampak besar yang tidak di inginkan bagi masyarakat yang diakibatkan pendangkalan saluran irigasi tersebut.

A.Baso , menjelaskan saluran irigasi solojirang tersebut sudah pernah diukur oleh pihak terkait , akan tetapi hingga saat ini belum sama sekali ada aksi pada saluran Irigasi Solojirang tersebut.

Dampak dari saluran irigasi solojirang ini, apa bila dimusim hujan, luapan air saluran dapat merendam beberapa pemukiman masyarakat.

Olehnya itu masyarakat berharap agar pihak PUPR bidang Sumber Daya Air (SDA) dapat memanfaatkan musim kemarau ini untuk melakukan pengerukan saluran irigasi solojirang,

apabila dimusim hujan nantinya saluran dapat menampung intensitas hujan, agar masyarakat juga dapat terhindar dari endapan air yang merendam pemukiman.

Secara terpisah , faktapers.id menkomfirmasi kepada lurah Turikale melalui via WhatsApp, Lurah Turikale , Indra Gunawan, mengatakan , terkait saluran irigasi solojirang, apa bila dimusim hujan ada beberapa lingkungan di kec turikale yang teredam banjir akibat pendangkalan saluran tersebut .

Indra menambahkan , menurut kepala lingkungan solojiran pihak PUPR sumber daya air (SDA) pemprov sulsel, sudah pernah melakukan pengecekan dan pengukuran saluran irigasi solojirang sebelum Pandemi beberapa pekan lalu.

Olehnya itu masyarakat turikale berharap agar upaya pemerintah terkait dapat merealisasikan, atas peninjauan dan pengukuran yang pernah dilakukan oleh pihak SDA pemprov dengan niat melakukan pengerukan pada saluran agar tidak terjadi terus pendangkalan pada saluran yang dapat Mengakibatkan banjir tiap musim hujan menggenangi pemukiman masyarakat. Anchank

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *