oleh

Puluhan Pengurus Rumah Ibadah di Cilincing Ikuti Tes Usap Covid-19

Jakarta,Faktapers.id – Tes usap (Swab Test) massal digelar bagi puluhan pengurus rumah ibadah di Kantor Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara, Kamis (6/8). Tes bertujuan sebagai upaya pencarian aktif kasus (Active Case Finding) Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di lingkungan masyarakat.

Camat Cilincing Muhammad Andri mengatakan, kegiatan tes usap merupakan upaya pencegahan kasus Covid-19 di lingkungan masyarakat khususnya rumah ibadah. Untuk itu, pengurus rumah ibadah difasilitasi untuk mengikuti kegiatan tes tersebut.

“Swab kita gelar bagi pengurus rumah ibadah. Mereka berdatangan ke kantor Kecamatan Cilincing,” kata Andri saat dikonfirmasi, Kamis (6/8).

Terpisah, Kepala Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kecamatan Cilincing Edison menerangkan, tes usap diikuti sebanyak 85 pengurus rumah ibadah hingga akhir pelaksanaan siang tadi.

Tes digelar sebagai upaya pencarian aktif kasus Covid-19 di rumah ibadah sehingga memberikan rasa nyaman terhadap masyarakat.

“Tes ini mendukung program pencarian aktif kasus Covid-19. Jadi kami harapkan hasil tes ini bisa mengetahui sejauh mana penyebaran Covid-19 di lingkungan masyarakat,” jelasnya.

Dalam pelaksanaannya, diterangkan tes dilakukan oleh tiga dokter, 10 tenaga kesehatan dan tiga petugas laboratorium. Nantinya, hasil tes akan dikonfirmasikan langsung kepada setiap peserta.

“Mudah-mudahan hasil tes ini bisa selesai tiga sampai tujuh hari ke depan. Sehingga bisa cepat dapat mengetahui perkembangan penyebaran Covid-19 di lingkungan masyarakat,” tutupnya. Tajuli

Komentar

News Feed