Jumat, Oktober 22, 2021
BerandaSumateraPjs Bupati Hadiri  Pembukaan Kegiatan Peningkatan Peran Serta Masyarakat Dalam Pengembangan Kemitraan...

Pjs Bupati Hadiri  Pembukaan Kegiatan Peningkatan Peran Serta Masyarakat Dalam Pengembangan Kemitraan Pariwisata 

Pesisir Barat, faktapers id – Acara pembukaan Kegiatan Peningkatan Peran Serta Masyarakat Dalam Pengembangan Kemitraan Pariwisata berlangsung di Pantai Siging Pekon Parda Suka Kecamatan Ngaras, dihadiri Assisten bid. perekonomian dan pembngunan Samsu Hilal, S.Sos, unsur forkopimda Lampung Barat/Pesisir Barat, pejabat tinggi pratama dan administrator pemda pesisir barat, camat dan peratin se-kecamatan ngaras.

Pada sambutanya Pjs. Bupati menyampaikan bahwa dalam rangka mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan, pariwisata merupakan salah satu sektor utama ekonomi nasional. pariwisata mempunyai peranan penting dalam pembangunan fisik dari aspek ekonomi, sosial, dan budaya. melalui pembangunan sektor pariwisata masyarakat lokal dapat terbantu secara langsung maupun tidak langsung dalam taraf perekonomiannya, begitu juga dengan dunia usaha yang akan semakin mengeliat dengan banyaknya wisatawan yang datang.

Untuk itu, dalam rangka menciptakan suasana pembangunan pariwisata yang kondusif dibutuhkan kesinergian antar aktor sosial yang ada. aktor sosial disini meliputi masyarakat, pemerintah dan swasta, dengan fungsi dan peran masing-masing, semua aktor sosial tersebut harus berjalan bersama untuk mencapai sinergisitas pembangunan pariwista yang lebih optimal.

Pariwisata merupakan industri yang kelangsungan hidupnya sangat ditentukan oleh baik buruknya lingkungan. tanpa lingkungan yang baik pariwisata tidak mungkin berkembang dengan baik. karena itu pengembangan pariwisata sudah seharusnya memperhatikan terjaganya mutu lingkungan, sebab dalam industri pariwisata lingkungan itulah yang menjadi nilai jual utama.

Melalui kegiatan bersih-bersih pantai ini sebagai salah satu upaya menciptakan sinergisitas peran serta dalam pengembangan kemitraan pariwisata. melalui kegiatan ini diharapkan dapat mewujudkan pesisir barat sebagai daerah tujuan wisata yang bersih, indah dan nyaman serta sekaligus untuk mewujudkan misi pembangunan kebudayaan dan kepariwisataan kabupaten pesisir barat khususnya dalam meningkatkan peran serta antar aktor sosial agar terciptanya kebersamaan dalam melakukan gerakan pembangunan dan kerjasama yang sinergis, strategis dan harmonis.

Pada kesempatan ini tak lupa Pjs Bupati mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada Dinas Pariwisata, Kecamatan Ngaras, dan masyarakat setempat sehingga kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik. Edi

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments