Jumat, September 24, 2021
BerandaBali50 Divers Bersihkan Trumbu Karang Pulau Menjangan, 2 Perempua Turut Serta

50 Divers Bersihkan Trumbu Karang Pulau Menjangan, 2 Perempua Turut Serta

Singaraja.Bali.Faktapers.id- Lima puluh Divers dan pemandu wisata Labuhan Lalang Kecamatan Gerokgak/Bali lakukan aksi bersih trumbu karang di pantai Pulau Menjangan, Pulau Menjangan merupakan kawasan yang memiliki trumbu karang tak terkalahkan di Bali.

50 personil divers/ Penyelam yang ikut bagian diantaranya pemandu Desa Pemuteran dan Labuhan lalang, Pejarakan, Desa Sumberkelampok dan dilepas langsung Kepala TNBB Ngurah Krisna Kepakisan. Ada dua kategori personil menarik dari para Divers tersebut yang pertama Ketut Sutama mantan penembak ikan yang pernah ditangkap TNBB tahun 2004 sekarang menjadi pemandu dan penjaga kebersihan trumbu karang dan dua wanita muda asal Pemuteran Eva dan Ayu Nia Sunwitha.

Dikonfirmasi Faktapers.id, Kepala TNBB Ngurah Krisna Kepakisan dalam pelepasan 50 Divers Minggu,(29/11) pukul 08.00 wita di Pelabuhan Lalang mengatakan, agenda dalam rangka menjaga kebersihan destinasi wisata khusu Pulau menjangan pasalnya banyak sampah kiriman dari berbagai sungai mengganggu trumbu karang seperti sampah platik dari botol bekas minuman maupun kantong plastik lainya,
“Kami lakukan Unwater Clean(Kebersihan bawah air) bersama dengan temen-temen pemandu dengan julah 50 orang Dive. Ada sembilan sport yang akan dibersihkan oleh Dive disana akan mengambil sampah yang nyangkut pada karang,, setelah itu sampah akan di pilah pada pos 1 Pulau Menjangan yang mana bisa didaur ulang yang organik nantinya kita gunakan pupuk untuk tanaman sekitar, “ujar Ngurah Krisna.

Selama ini trumbu karang yang ada di Pulau Menjangan merupakan sport terbaik bagi para wisatawan baik manca negara maupun wisatawan lokal dalam melakukan Dive, “Trumbu karang yang ada di Pulau Menjangan kalau berdasarkan monitoring tutupan karangnya persentase 52% artinya pertumbuhanya masih bagus, yang kami lakukan menjaga ini melalui patroli laut serta dukungan dari para pemandu kalau ada kegiatan sifatnya mengganggu atau merusak mohon dilaporkan dan kita lakukan monitoring kesehatan karang setiap tahunya. Untuk pengambilan hama dari trumbu karang kita lakukan setahun 3 x dan memasang Moring Boy untuk tanbatan perahu-perahu yang masuk atau sandar ke Pulau Menjangan agar tidak melempar jangkarnya,”jelas Ngurah Krisna.Des

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments