Selasa, September 21, 2021
BerandaDKI JakartaAnggota FKDM se Jakbar Ikut Bimtek

Anggota FKDM se Jakbar Ikut Bimtek

 

Jakarta, faktapers.id – Ratusan anggota Forum Kewaspadaan Dini Masyarakaty (FKDM) kecamatan-kelurahan se Jakarta Barat mengikuti bimbingan teknis (bimtek) mandiri, Senin (22/3).

Kegiatan dibuka Wakil Wali Kota Jakarta Barat Yani Wahyu Purwoko, di ruang MH Thamrin, lantai 2 gedung B kantor wali kota. Hadir Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) DKI Taufan Bakri, Kasuban Kesbangpol Jakbar Mohammad Matsani dan Ketua FKDM DKI Munir Arsyad.

Wakil Wali Kota Jakarta Barat Yani Wahyu Purwoko mengatakan kegiatan tersebut dalam rangka memantapkan tugas dan fungsi FKDM. “Tugasnya antara lain melakukan upaya upaya kewaspadaan, menciptakan kepekaan kepekaan di masyarakat termasuk kesiapsiagaan dan antisipasi terhadap potensi dan timbulnya kemungkinan bencana, baik alam dan lainnya, trmasuk antisipasi dan pencegahan gangguan keamanan dan ketertiban di masyarakat, khususnya di Jakarta Barat,” jelasnya.

Diharapkan, setelah mengikuti bimtek para anggota FKDM dapat memahami tugas dan fungsinya, yakni menyaring, menampung, mengkoordinasikan dan mengkomunikasikan data dan informasi informasi dari masyarakat yang kemudian disaring. Selamat mengikuti bimtek. Laksanakan dengan sebaik-baiknya, perhatikan; pancar mata, pancar telinga,” imbuh Yani.

Pada kesempatan tersebut juga ditayangkan video ucapan Gunbernur Anies R Baswead. “Kami Pemprov DKI Jakarta mengapresiasi atas kegiatan bimbingan teknis bagi seluruh anggota FKDM Kota Administrasi Jakarta Barat. Seperti kita tahu, tujuan kegiatan ini dalam rangka membantu program pemerintah untuk menyosialisasikan peraturan peraturan daerah yang saat ini berlaku agar bisa meningkatkan kewaspadaan dini dalam segala aspek sehingga masyarakat bias hidup lebnih tentram, lebih aman lebih tenang dan Insya lebih sejahtera,” ujar Gubernur Anies.

“Semoga seluruh peserta yang mengikuti bimtek mandiri ini bisa meningkatkan kualitas diri sebagai mitra pemerintah terkait kegiatan dan kebijakan yang positif, khususnya di dalam kewaspadaan. Sekali lagi, selamat mengikuti acara bimtek ini, salam hangat dari kami di Pemrov DKI Jakarta.”

Sementara itu Ktua FKDM Jakbar Iswadi menjelaskan bimtek dilaksanakan selama lima hari ke depan, di ruang suwiryo, lantai 16 gedung B kantor wali kota. Narasumber bimtek berasal dari jajaran Kodim 0503, Polres Metro Jakbar, FKDM DKI dan FKDM Jakbar. “Total peserta 464 orang FKDM kecamatan dan kelurahan se Jakarta Barat,” katanya.

Diharapkan, setelah mengikuti bimtek seluruh peserta bias memahami tupoksi FKDM sebagai bentuk antisipasi potensi ATHG (Ancaman, Tantangan, Hambatan dan Gangguan) sekaligus katalisator program program Pemprov DKI. “Anggota laksanakan tupoksi FKDM, jaga integritas, nama baik, jangan sampai keluar dari tupoksi,” pungkasnya. (kornel)

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments