Minggu, Juli 25, 2021
BerandaNasionalSistem CEISA Bea Cukai Gangguan, Distribusi Bawang Putih dan Bombay Bakal Ikut...

Sistem CEISA Bea Cukai Gangguan, Distribusi Bawang Putih dan Bombay Bakal Ikut Terganggu

Jakarta, faktapers.id – Adanya kejadian gangguan pada Sistem layanan Customs-Excise Information System and Automation (CEISA) yang digunakan Bea Cukai dalam pelayanan kepabeanan dan cukai, disinyalir bakal ikut mengganggu proses pengeluaran Bawang Putih dan Bawang Bombay dari pelabuhan.

“Kami informasikan, bahwa dua minggu ini terjadi gangguan sistem layanan CEISA yang digunakan Bea Cukai dalam pelayanan kepabeanan dan cukai. Hal ini mengakibatkan proses pengeluaran kontainer berisi bawang putih atau bawang bombay impor menjadi terganggu. Kontainer-kontainer tersebut berpendingin, namun dengan keterlambatan akibat gangguan sistem ini maka setiap kontainer yang tertahan harus dicolok listrik hingga sistem CEISA kembali normal,” papar Ketua Perkumpulan Pelaku Usaha Bawang Putih dan Sayuran Umbi Indonesia (Pusbarindo), Valentino dalam keterangan tertulisnya yang diterima faktapers.id, Rabu, (21/7/2021).

Valentino menjelaskan, kontainer tersebut berpendingin, namun dengan keterlambatan akibat gangguan sistem tersebut, maka setiap kontainer yang tertahan harus dicolok listrik hingga sistem CEISA kembali normal.

Tak hanya itu, menurut Valentino, gangguan tersebut akan menimbulkan konsekuensi adanya tambahan biaya akibat konsumsi listrik tersebut. “Tidak menutup kemungkinan akan ada gangguan pasokan bawang putih dan bawang bombay dalam beberapa waktu mendatang. Perkiraan kami ada sekitar 300 kontainer yang tertahan belum bisa keluar,” pungkas Valentino. Her

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments