DaerahJawa

2 Tahun Vakum, Desa Jogosetran Gelar Karnaval Kemerdekaan RI

×

2 Tahun Vakum, Desa Jogosetran Gelar Karnaval Kemerdekaan RI

Sebarkan artikel ini

Klaten, faktapers.id – Hampir disetiap desa di Kabupaten Klaten, Minggu (21/8/2022) merayakan HUT Kemerdekaan RI ke-77 secara besar-besaran. Bahkan karnaval pembangunan tidak hanya dilaksanakan tingkat kecamatan atau kabupaten, kini disetiap desa sudah menyelenggarakan karnaval sebagai bentuk antusias warga dalam mengisi kemerdekaan.

Dua tahun pandemi membuat peringatan HUT Kemerdekaan RI ini tidak dilaksanakan, dan pada peringatan yang ke-77 ini hampir di seluruh desa di Kabupaten Klaten menggelar Karnaval tidak terkecuali Desa Jogosetran Kecamatan Kalikotes. Warga semangat mengikuti dan menyaksikan karnaval yang dilaksanakan secara mandiri tersebut.

Sebanyak 1500 peserta dari 12 Rukun Warga (RW) di Desa Jogosetran turut meramaikan acara karnaval yang digelar secara serentak. Kepala Desa Jogosetran Priyadi mengaku senang melihat antusias warganya bisa menggelar acara tahunan dalam rangka HUT RI ke-77 ini.

“Warga senang bisa mengikuti karnaval lagi setelah 2 tahun tidak bisa mengadakan perayaan, peserta yang mengikuti juga membludak. Ini semua atas semangat warga, selain dibantu dari pemerintah desa juga dengan biaya mandiri,” kata dia.

Lanjut Priyadi, dalam gelaran karnawal tahun ini untuk memeriahkan pihak warga menyajikan Marching Band, Kesenian Reog, Pameran Pembangunan dan ibu-ibu PKK juga berpartisipasi dengan mengikuti pawai mengenakan pakaian adat.

“Tidak hanya siswa, PKK, Karangtaruna juga ikut serta dalam meramaikan karnaval. Kegiatan ini bertujuan selain semangat bangkit dari pandemi, juga untuk memakmurkan UMKM sehingga perekonomian warga sekitar menjadi lebih baik,” terangnya.

Ditempat yang sama, Camat Kalikotes, Sudiyono mengatakan pelaksanaan kirab budaya tahun ini selain sebagai peringatan HUT RI ke-77, juga sebagai rangkaian peringatan HUT Kabupaten Klaten yang ke 218.

“Melalui kegiatan karnaval budaya ini kita mengharapkan bisa mengangkat potensi desa yang ada di Jogosetran dan membangkitkan lagi UMKM sehingga ekonomi warga segera pulih setelah pandemi,” tutupnya. Madi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *