Berita

KPU Minta Moderator Tertibkan Kandidat yang Bicara di dalam Luar Waktunya Saat Debat Cawapres

×

KPU Minta Moderator Tertibkan Kandidat yang Bicara di dalam Luar Waktunya Saat Debat Cawapres

Sebarkan artikel ini
KPU Minta Moderator Tertibkan Kandidat yang tersebut Bicara pada pada Luar Waktunya Saat Debat Cawapres

Faktapers.id Jakarta – Komisi Pemilihan Umum atau KPU memohon terhadap moderator debat cawapres untuk bertindak tegas apabila ada salah satu kandidat yang berbicara di dalam luar waktu kesempatannya bicara. Untuk itu, dua moderator yang mana telah terjadi ditunjuk yaitu Retno Pinasti kemudian Zilvia Iskandar diinta untuk mengobservasi lagi tayangan pada debat Pilpres 2024 sebelumnya.

“Kalau lihat pengalaman debat ketiga sempat ada chit chat, tidak dari pendukung saja, tapi pasangan calon. Nah, peran moderator (menertibkan) itu,” kata komisioner KPU, August Mellaz, di area gedung KPU, Menteng, Ibukota Indonesia Pusat, Rabu, 17 Januari 2024.

Menurut August dengan mengamati debat yang mana sudah pernah berlangsung sebelumnya, moderator bisa saja mengendalikan suasana sehingga saling jawab antar partisipan bisa jadi dijalankan dengan efektif. “Nah bisa saja jadi problem yang tersebut sejenis (chit chat) akan muncul,” ujar dia.

August mengatakan, jikalau ada kandidat lain yang bicara dalam luar waktunya maka pihak pengurus siaran diminta mematikan waktu debat. “Kami sudah ada tegaskan, kalau sampai itu terjadi, tanpa harus ada kode tertentu, pihak media pengurus akan segera menghentikan timer,” kata dia.

Dengan demikian pembicaraan di area luar waktu debat itu tak menguras waktu yang tersebut sudah pernah disediakan untuk cawapres. “Dan moderator tentu harus menyampaikan, ‘Ini waktunya paslon mana’. Itu kami tegaskan, tapi nanti inisiatif sendiri,” ucap dia.

Tak belaka ujaran para paslon ketika paslon lain sedang bicara, kata August, kebijakan itu berlaku untuk paslon yang tersebut mendadak memotong pembicaraan, menjawab, bertanya ke kandidat lain. “Termasuk itu. Kan itu telah di tempat atur, kapan paslon mana (bicara) itu telah ditetapkan rotasinya,” ujar dia.

Menurut dia, pada debat pilpres keempat ini, akan dimulai dari dari cawapres nomor urut satu menyampaikan visi misi. Diikuti dengan cawapres nomor 2 dan juga 3. Pada segmen kedua, urutannya dimulai dari cawapres nomor 2, disertai 3, lalu 1. “Nanti balik lagi, itu sudah ada pada atur,” ujar dia. “Moderator juga pasti fokus pada situ.”

Adapun debat kedua cawapres di tempat pemilihan raya 2024 dipandu dua moderator perempuan, yakni jurnalis SCTV Retno Pinasti lalu Zilvia Iskandar, wartawan Metro TV. Sementara penyusun pertanyaan debat, yang dimaksud akan berlangsung pada Ibukota Convention Center, DKI Jakarta Pusat, pada Ahad, 21 Januari mendatang, ditetapkan sebelas orang.

Adu gagasan yang digunakan akan mempertemukan cawapres Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka, serta Mahfud Md itu akan mengeksplorasi enam tema, yaitu pengerjaan berkelanjutan lalu lingkungan hidup, sumber daya alam dan juga energi, pangan, agraria, publik adat, serta desa.

Pilihan Editor: Anies Baswedan Ingin Dorong RUU Pendanaan Partai Politik untuk Cegah Korupsi

Berita Lainnya Faktapers di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *