oleh

Agus Istiqlal Hadiri Muscab II Gerakan Pramuka

Pesibar, faktapers.id – Bupati Pesisir Barat, Agus Istiqlal, menghadiri upacara pembukaan Musyawarah Cabang (Muscab) ll gerakan pramuka di Gedung Serba Guna, Selalaw, Labuhan Jukung, Kecamatan Pesisir Tengah, Kamis (18/7/2019).

Selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka, Agus mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada semua pihak, yang telah memberikan bantuan bagi perkembangan dan kemajuan gerakan pramuka khususnya di Kabupaten Pesisir Barat.

“Walaupun ke depan masih banyak yang harus kita benahi dan lengkapi, diantaranya kita harus memiliki sarana dan prasarana penunjang kegiatan kepramukaan yang ideal dan refresentatif. Kita harus memiliki bumi perkemahan pramuka dan pusdikladcab dengan fasilitas lengkap. Dengan harapan dapat lebih meningkatkan kualitas dan kuantitas pembinaan gerakan pramuka Pesisir Barat,” terangnya.

Selanjutnya, ia berharap gerakan pramuka harus mampu membina generasi muda untuk bisa membentengi diri, agar tidak terpengaruh dari hal-hal yang bersifat negatif. Diantaranya, penyalahgunaan narkoba dan hanyut dalam pergaulan budaya yang merusak moral anak bangsa.

Sebagaimana visi gerakan pramuka, menjadi pilihan utama bagi pembentukan karakter kaum muda.

“Jadikan generasi muda kita bangga menjadi pramuka, karena pramuka itu keren, pramuka itu asik, pramuka itu solusi dan pramuka itu peduli,” jelasnya.

Dengan pelaksanaan muscab II tahun 2019 ini, Agus Istiqlal berharap dapat menghasilkan kesepakatan berupa usaha-usaha kongkrit untuk menghadapi dan menjawab tantangan yang dihadapi oleh gerakan pramuka. Sehingga mampu memfungsikan dan memerankan keberadaan gerakan pramuka sebagai wadah pendidikan yang bertugas membantu pemerintah dan masyarakat melalui pendidikan non formal.

“Saya ucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Kak Gunawan, beserta segenap jajaran pimpinan dan andalannya, yang telah memimpin Kwartir Cabang Pesisir Barat sejak 2013 sampai dengan hari ini. Atas pengabdian dan dedikasinya selama ini, sehingga mampu menempatkan Kwarcab Kabupaten Pesisir Barat sejajar dengan Kwarcab dari daerah lain,” kata Bupati.

“Izinkan saya menaruh harapan besar terhadap Muscab II tahun 2019 ini, agar bisa menghasilkan kebijakan-kebijakan yang strategis dalam upaya melanjutkan dan meningkatkan pembinaan pramuka di Kabupaten Pesisir Barat sebagai salah satu bagian dari usaha untuk menunjang pembangunan,” terangnya.

Agus Istiqlal juga mengucapkan rasa terimakasih atas kehadiran Kepala Kwarda Gerakan Pramuka Lampung, Kak Idrus Effendi. “Dimohon untuk memberikan pengarahan, serta diharapkan agar kedepannya Kwartir daerah dapat lebih memberikan perhatian kepada Kwartir Cabang Pesisir Barat,” tuturnya. Edi

Komentar

News Feed