Manjakan Difabel, Universitas Pamulang Berikan Pendidikan Gratis

×

Manjakan Difabel, Universitas Pamulang Berikan Pendidikan Gratis

Sebarkan artikel ini

Tangerang, faktapers.id – Universitas Pamulang menggelar acara kegiatan bagi mahasiswa penyandang difabel. Dalam kegiatan mahasiswa penyandang difabel tuna netra dan tuna rungu dimulai pukul 08:00 WIB sampai dengan Selesai di Kampus Pamulang, Sabtu (12/10/2019).

Dijelaskan Ketua Pusat Layanan Disabilitas (PLD) Nani Rusnaeni SE.MM. pihak universitas Pamulang memang membuka kemudahan serta kesempatan pendidikan bagi para kaum difabel.

Pusat layanan Disabilitas (PLD) sendiri berdiri sejak tahun 2017 didirikan Sk Rektor.

“Mahasiswa Difabel (tuna netra) Ada 14 orang dari berbagai fakultas diantaranya fakultas management, Fakultas PKN, Informatika, Bahasa Indonesia dan Hukum. Semua mahasiswa difabel dan untuk umum apabila ada yang ingin kuliah di Universitas Pamulang silahkan dengan biaya kuliah mahasiswa difabel gratis sampai lulus, serta di bekali alat elektronik laptop khusus penyandang tuna netra,”jelasnya.

Sementara itu, Lili Sularmi Sekertaris PLD juga menambahkan,adapun Visi dan Misi Pusat Layanan Difabel sebagai berikut.

Visi:
Menjadi pusat difabel yang bermutu, berbasis teknologi, untuk menciptakan lulusan yang mandiri dan unggul berlandaskan ridha Tuhan yang Maha Esa.

Misi:

1. Menyelenggarakan pembelajaran keilmuan dan keterampilan, riset beriring pengabdian pada masyarakat yang berkualitas dengan mempertimbangkan daya jangkau semua kalangan.

2. Melakukan kerjasama lintas lembaga menunjang sinerjitas dan motivasi kompetitif kajian dan implementasi Tri Darma Perguruan Tinggi.

3. Mengintensifkan studi nilai-nilai dan norma-norma religiusitas terkait ketuhanan, peribadatan, akhlak mulia, keilmuan, dan kehidupan yang hasilnya diintegrasikan mengaura ke dalam mata kuliah secara relevan.

4. Meningkatkan kualitas pelayanan menggapai tata kelola universitas modern pada tahun 2020.

5. Menciptakan lulusan (Ahli Madya, Sarjana, dan Magister) profesional dalam kompetensinya, berjiwa mandiri dan berakhlak mulia yang dilandasi nilai dan norma keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan yang Maha Esa.

Ditempat yang sama, Sugiyo sebagai mahasiswa Unpam difable mengunhkapkan,dalan menjalankan kegiatan di UnPam dirasakan cukup senang.

“Sangat nyaman dosen nya baik-baik dan punya niat untuk melayani mahasiswa penyandang tuna netra,” ungkapnya.

Dilain sisi, Dadang SH,MH selaku pengurus anggota PLD bersama dua rekannya tetap memberikan dukungan kepada mereka.

“Selalu menemani serta berusaha memandu mereka agar merasa tetap nyaman di ruang PLD,”pungkasnya.

Penyandang difabel, dan menjadi bagian dari keluarga mahasiswa Universitas Pamulang (Unpam) dan sangat perduli kepada mereka yg ingin terus menimba ilmu di setiap universitas, namun banyak menemukan kendala karena banyak pihak kampus yang tidak menyediakan sarana dan prasarana tersebut.

Maka dari itu Unpam hadir untuk menghilangkan rasa haus dan dahaga akan sebuah ilmu yg diimpikan oleh pihak difabel (tuna netra).

Di Unpam mereka diberikan kuliah secara gratis, serta Unpam juga memberikan laptop dengan program khusus sehingga bisa digunakan dengan mudah untuk belajar oleh mereka.

Semoga akan banyak orang yang lebih perduli dengan mereka untuk dapat membantu mempermudah proses pembelajaran. Baik difable tunanetra maupun tunarungu.

Sedangkan didevelop basis elearning dengan menggunakan video maupun full text. Sehingga dapat mengakomodir kebutuhan mahasiswa difabel.

Sosialisasi pada mahasiswa baru menggenai penggunaan elearning maupun system pembelajaran pendampingan untuk memaksimalkan proses pembelajaran.(nj01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *