oleh

Cari Bibit SDM Unggulan, IPKEMINDO Dan Ditjen PAS Gelar Seminar Nasional

Jakarta, faktapers.id – Dalam upaya mencari bibit unggul Sumber Daya Manusia, Ikatan Pembimbing Kemasyarakatan Indonesia (IPKEMINDO) dan Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen PAS) menyelenggarakan Seminar Nasional Peran Pembimbing Kemasyarakatan dan Revitalisasi Penyelenggaraan Pemasyarakatan, di Merlynn Park Hotel Jakarta, Kamis-Jumat, (7-8/11/2019).

Seminar yang digelar selama dua hari tersebut diikuti oleh Pembimbing Kemasyarakatan, mahasiswa, praktisi peradilan pidana, pengamat dan peneliti Pemasyarakatan serta stakeholder. Banhkan turut hadir Direktur Jenderal Pemasyarakatan (Dirjen PAS), Sri Puguh Budi Utami, sekaligus menjadi keynote speaker pada seminar tersebut.

“Pemasyarakatan memiliki SDM yang besar, seperti jumlah Pembimbing Kemasyarakatan yang besar. Mereka memiliki peran yang sangat strategis. Tidak hanya bagi Warga Binaan Pemasyarakatan, tetapi lebih luas pada sistem peradilan pidana. Inilah yang menjadi kekuatan kita”, papar Utami.

Dalam sambutannya, Utami, selaku pejabat Dirjen PAS perempuan pertama mengungkapkan, bahwa pembangunan petugas pemasyarakatan yang unggul khususnya Pembimbing Kemasyarakatan (PK) menjadi penting untuk membangun birokrasi yang melayani. Sebab, dalam Revitalisasi Penyelenggaraan Pemasyarakatan, PK hadir sejak seseorang mulai menjadi tahanan hingga menjalani pembinaan sebagai Narapidana baik di dalam maupun di luar lembaga pemasyarakatan (lapas).

“Kita harus menguatkan peran PK agar menjadi SDM unggul untuk memastikan berjalannya Revitalisasi Penyelenggaraan Pemasyarakatan. Pembangunan PK menjadi SDM unggul akan berdampak pada dihasilkannya Warga Binaan Pemasyarakatan yang unggul dan produktif”, tambah Utami.

Seminar nasional ini dirangkai dengan lokakarya selama dua hari dengan menghadirkan jajaran Pimpinan Tinggi Pratama Direktorat Jenderal Pemasyarakatan yang akan mengulas tentang penyusunan karya tulis ilmiah di bidang Bimbingan Kemasyarakatan, peran PK dalam penilaian perubahan perilaku dan pemenuhan hak klien.

Peran PK dalam pra dan Pasca Rehabilitasi bagi Narapidana, bisa menjadi pengembangan karir jabatan fungsional PK dan Sistem Database Pemasyarakatan sebagai penunjang profesionalisme serta Pelaksanaan tugas dan fungsi PK dalam sistem peradilan pidana. Herry

Komentar

News Feed