oleh

Kawasan Ancol Akan Dibangun Masjid Apung

Jakarta, faktapers.id – Ancol merupakan kawasan wisata di Jakarta Utara yang cukup moderen dan membanggakan bagi masyarakat Jakarta. Oleh karananya, untuk melengkapi fasilitas wisatanya, Pemprov DKI Jakarta akan membagun Masjid Apung sebagai sarana Ibadah bagi pengunjung wisata Ancol.

Keseriusan program ini sudah ditandai dengan melakukan ground breacking sebagai langkah awal. Peresmian dan pemasangan tiang pancang pertama dilakukan pada Sabtu, 9 November 2019 oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Pada acara tersebut juga dihadiri Ketua Dewan Masjid Indonesia Pusat, Jusuf Kalla dan Konsultan Arsitek Perencana Masjid Apung Ancol, Andra Matin.

Anies berharap Masjid Apung Ancol ini kelak bisa menjadi ikon Indonesia di masa depan dan keberadaan Masjid Apung tetsebut bisa memberi pengalaman baru bagi masyarakat.

Menurut Anies, saat ini kawasan Ancol merupakan lokasi wisata yang masuk dalam berbagai aspek, termasuk budaya dan kultural.

“Kita harap ada fenomena alam yang unik bisa dirasakan masyarakat yang datang kunjungi. Posisinya di atas laut berdampingan dengan laut yang terbuka”, ucap Anies dalam sambutannya di Ancol, Jakarta Utara, Sabtu (9/11/2019).

Letak Masjid Apung Ancol akan berdiri di dekat bundaran Ancol, dekat dengan Restoran Bandar Djakarta, coffee shop Starbucks atau persis di pantai seberang Apartemen Ancol Mansion.

Bangunan masjid yang menjorok ke laut ini dibangun seluas 2.000 meter persegi dan mampu menampung 2.500 jemaah. Bangunan masjid berbentuk segi lima yang mencerminkan rukun Islam serta jumlah waktu salat wajib dalam satu hari. Tinggi masjid mencapai 25 meter yang melambangkan 25 Nabi. Pada sisi luar masjid akan terdapat enam buah minaret atau menara yang melambangkan rukun iman.

Proses pembangunan Masjid Apung yang beranggaran 50 miliar itu diperkirakan akan selesai selama 1 tahun.

“Pesan saya Pak Dirut, ada tiga. Pembangunan ini, satu, on schedule, on quality, tiga on budget. Jadi tiga itu dipegang itu. Insya Alloh akhir tahun depan sudah bisa merasakan masjid baru ini. Mudah-mudahan pada Ramadhan tahun berikutnya tempat itu bisa dipakai”, pungkas Anies..

Herry

Komentar

News Feed