Daerah

PT Pelindo-Pontianak Tanam Bibit Pohon Buah Di Desa Sungai Kunyit Laut Kabupaten Mempawah

×

PT Pelindo-Pontianak Tanam Bibit Pohon Buah Di Desa Sungai Kunyit Laut Kabupaten Mempawah

Sebarkan artikel ini

Mempawah, Faktapers.id – Untuk melestarikan lingkungan hidup, sekaligus memanfaatkan lahan kosong agar produktif, Manajemen PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 2 Pontianak melaksanakan penanaman 1.000 bibit pohon buah di Desa Sungai Kunyit Laut– Kabupaten Mempawah, Kamis, 22 September 2022.

Ribuan pohan yang sudah ditanam ini merupakan kelanjutan dari Program Komitmen Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) BUMN, melalui Program Penanaman 1 (satu) juta pohon di Tahun 2022, dimana Manajemen PT Pelabuhan Indonesia (Persero) komitmen untuk pelaksanaan penanaman 30.000 batang pohon, sekaligus dalam rangka memeriahkan perayaan Hari Ulang Tahun Perusahaan yang pertama di tanggal 1 Oktober 2022.

“Kita melakukan penanaman dan penghijauan di lahan kosong yang berlokasi di Desa Sungai Kunyit-Mempawah, dengan memanfaatkan lahan kosong. Kita berharap lahan kosong menjadi lahan yang produktif, selain itu juga untuk pelestarian lingkungan hidup,” jelas General Manager PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 2 Pontianak, Hambar Wiyadi.

Lebih lanjut Hambar mengatakan 1.000 bibit pohon yang ditanam terdiri atas 100 bibit pohon mangga, 200 bibit pohon jambu, 100 bibit pohon durian, 200 bibit pohon sawo, 200 bibit pohon jeruk madu dan 200 bibit pohon alpukat yang tersebar di area Pelabuhan Kijing dan kawasan Desa Sungai Kunyit Laut sekitarnya.

Hambar Wiyadi menambahkan bahwa tujuan kegiatan penanaman pohon buah-buahan selain untuk penghijauan dan penyedia udara bersih yang sehat, penanaman pohon juga merupakan salah satu upaya langkah revitalisasi alam melalui rehabilitasi dan pemulihan lahan tidak produktif yang saat ini masih cukup luas di Mempawah dan sekitarnya menjadi produktif dengan ditanami tanaman yang mempunyai nilai ekonomi bagi warga sekitar lingkungan Desa Sungai Kunyit Laut,” jelas Hambar.

“Selain memperbaiki lingkungan, pengurangan resiko bencana/mitigasi bencana dan perubahan iklim, bahwa menanam juga harus memberikan manfaat langsung terhadap kesejahteraan masyarakat. Menanam pohon berarti juga menanam doa dan harapan untuk berkelanjutan akan dirasakan oleh generasi penerus yang akan datang agar nilai-nilai karakter cinta lingkungan yang terus dapat ditumbuh kembangkan,” tutur Hambar.

Lebih lanjut Hambar Wiyadi mengatakan kegiatan ini sekeligus mengajak masyarakat untuk membangun komitmen untuk dalam menjaga, melindungi dan lebih peduli kelestarian lingkungan dan penghijauan terhadap lingkungan sekitar. Disamping untuk meningkatkan kesadaran dari manfaat, fungsi dan kegunaan serta keberadaan kelestarian lingkungan yang terpelihara dan dijaga dengan baik.

“Tentunya hal ini akan mendorong semua pihak dan juga masyarakat khususnya Desa Sungai Kunyit Laut,Mempawah, untuk sama-sama memberikan kontribusi banyak dalam menjaga, merawat dan melindungi pohon-pohon buah yang telah ditanam di area sekitar Desa Sungai Kunyit Laut ini yang pada akhirnya akan memberikan dampak positif dan nilai tambah bagi masyarakat dalam peningkatan ekonomi melalui produksi buah yang dihasilkannya nanti.” Jelas Hambar.

Kegiatan pelaksanaan penanaman pohon buah ini bekerja sama dengan Rumah Berdaya Kijing-Kabupaten Mempawah yang dihadiri Wakil Bupati Mempawah, Bapak Muhammad Pagi, Jajaran Manajemen PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 2 Pontianak, Para Pejabat dilingkungan Pemkab.

Mempawah dan Forkompinda dilingkungan Kabupaten Mempawah serta Tokoh Masyarakat/Pemuka Agama/Tokoh Adat dilingkungan Desa Sungai Kunyit Laut, Mempawah. Han

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *