Berita

Serba-Serbi KTT BRICS Digelar Pekan Ini di Afrika Selatan, Dihadiri Presiden Jokowi

×

Serba-Serbi KTT BRICS Digelar Pekan Ini di Afrika Selatan, Dihadiri Presiden Jokowi

Sebarkan artikel ini
Serba-Serbi KTT BRICS Digelar Pekan Ini di Afrika Selatan, Dihadiri Presiden Jokowi

Suara.com – Kelompok BRICS yang beranggotakan lima negara, yaitu Brasil, Rusia, India, China, dan Afrika Selatan, akan mengadakan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-15, yang akan dihadiri oleh kepala negara dan pemerintahan pada bulan ini. Bahkan Indonesia diwakili Presiden Jokowi pun turut hadir. Sehingga serba-serbi KTT BRICS pun menarik diketahui.

KTT BRICS ini pertama kali diadakan secara tatap muka, setelah pandemi Covid-19, di mana undangan KTT telah diperluas kepada 67 pemimpin negara dan pemerintahan di Afrika, Amerika Latin, Asia dan karibia. KTT ke-15 tersebut akan digelar di Johannesburg, Afrika Selatan pada tanggal 22-24 Agustus. Mari simak ulasan menarik di bawah ini seputar serba-serbi KTT BRICS.

Serba-Serbi KTT BRICS

Rencana perluasan anggota BRICS yang dibahas dalam KTT telah menarik perhatian banyak calon anggota, mulai dari Iran hingga Argentina. Mereka punya satu kesamaan tujuan, yaitu adanya keinginan untuk menyamakan kedudukan di kancah global yang dianggap banyak orang sebagai sesuatu yang merugikan mereka.

Baca Juga:Mulai Berlaku Hari Ini, Aturan WFH PNS Jakarta Sampai Kapan?

Di tengah ketidakpuasan yang meluas terhadap tatanan global yang ada, janji negara-negara BRICS untuk menjadikan kelompok ini sebagai pemimpin utama Global South, telah menemukan resonansi, meskipun masih belum ada hasil konkret.

Menurut pejabat dari Afrika Selatan yang menjadi tuan rumah KTT BRICS pada tanggal 22-24 Agustus 2023, ada 40 lebih negara yang telah menyatakan ketertarikannya untuk bergabung dengan blok perdagangan ini. Dan dari jumlah itu, lebih dari setengahnya bahkan telah mengajukan permohonan secara resmi.

Meskipun BRICS masih belum mengumumkan daftar lengkap kandidat-kandidat anggota tambahan, namun sejumlah pemerintah memang telah secara terbuka menyatakan ketertarikan mereka.

Iran dan Venezuela misalnya, yang dihukum dan dikucilkan oleh sanksi-sanksi,dan mereka sedang berusaha untuk mengurangi isolasi dan berharap blok ini bisa memberikan bantuan terhadap ekonomi mereka.

Sementara itu, kandidat-kandidat dari Afrika, Ethiopia dan Nigeria, tertarik dengan komitmen blok ini untuk melakukan reformasi di Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang akan memberikan suara yang lebih kuat bagi benua ini. Negara-negara lainnya lebih menginginkan perubahan di Organisasi Perdagangan Dunia (WTO), Dana Moneter Internasional (IMF), dan Bank Dunia.

Baca Juga:Kurangi Polusi, Mulai Hari Ini ASN Jakarta WFH 50 Persen

Empat dari lima negara utama BRICS, yaitu Afrika Selatan, China, India, dan Brasil telah mengonfirmasi dan menyatakan kehadiran presiden serta pemimpin pemerintahan dalam KTT BRICS ke-15.  

Presiden Afrika Selatan, Cyril Ramaphosa, Presiden China, Xi Jinping, Presiden Brazil, Luiz Lula da Silva, dan Perdana Menteri India, Narendra Modi, dijadwalkan akan hadir dalam KTT tersebut.

Sedangkan Presiden Rusia yaitu Vladimir Putin, tidak akan hadir secara langsung karena surat perintah penangkapannya telah dikeluarkan oleh Pengadilan Kriminal Internasional atas dugaan kejahatan perang di Ukraina.

Demikian serba-serbi KTT BRICS yang bakal dihadiri oleh Presiden Jokowi.

Kontributor : Rishna Maulina Pratama

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *