Berita

Alhamdulillah! 2 Pesawat Hercules TNI Dan Garuda Siap Angkut Bantuan Ke Palestina

×

Alhamdulillah! 2 Pesawat Hercules TNI Dan Garuda Siap Angkut Bantuan Ke Palestina

Sebarkan artikel ini
Alhamdulillah! 2 Pesawat Hercules TNI Dan Garuda Bersiap Angkut Bantuan Ke Palestina

 

Faktapers.id – Kapuspen TNI Laksamana Muda Julius Widjojono mengatakan, TNI sedang mempersiapkan pesawat jenis Hercules milik Angkatan Udara untuk mengirim bantuan logistik bagi rakyat Palestina yang sedang ditimpa perang dengan Israel.

“TNI Tengah menyiapkan dua Pesawat Hercules C-130 A-1327 dan A-1328 milik TNI AU dari Skadron Udara 31 dan 32. Selain itu juga kita siapkan dua pesawat Hercules cadangan untuk mendukung misi tersebut,” kata Julius dalam keterangannya, Kamis (2/11/2023).

Selain dua pesawat Hercules, Julius menyebut TNI juga menggunakan satu pesawat charter tipe Boeing 737 Garuda milik Mabes Polri.

“Sehingga total dukungan pesawat untuk mengangkut logistik Bantuan Kemanusiaan ke Palestina berjumlah tiga unit pesawat,” ujar Julius.

Kekinian, Julius menyampaikan TNI sedang melakukan proses pengajuan nota diplomatik visa oleh Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) terkait over fight clearance, landing permit, ground handling dan sebagainya.

Dalam hal ini, TNI juga berkoordinasi dengan Kementerian Pertahanan (Kemhan) untuk membantu beberapa pembiayaan proses pengiriman bantuan ke Palestina.

Lebih lanjut, Julius menambahkan bantuan logistik ini nantinya akan diterbangkan menuju Mesir lalu akan diteruskan untuk rakyat Palestina.

Pengiriman bantuan rencananya akan dilepas oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi pada 4 November 2023, bertempat di Base Ops Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur.

Bantuan logistik dari TNI diperkirakan akan tiba di Mesir pada 6 November. (*)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *