Kawasaki ZX-6R 2019 “Si Langka” yang Kaya Teknologi

×

Kawasaki ZX-6R 2019 “Si Langka” yang Kaya Teknologi

Sebarkan artikel ini

Jakarta, faktapers.id – Jika dilihat perkembangan motor sport di Tanah Air beberapa tahun belakangan ini bisa di katakan sangatlah pesat, karena banyak sekali pabrikan motor yang menawarkan produk mereka mulai dari kelas 250cc.

Namun jika dilihat dari perkembangannya, pabrikan asal Jepang, Kawasaki masih dikatakan mendominasi keberadaan motor sport di Indonesia. Hal itu dapat dilihat begitu banyaknya antusias pengguna produk asal Jepang ini.

Meski kawasaki tidak hanya menjual motor sport fairing di Indonesia, namun keberadaan mereka cenderung menjadi icon bagi motor-motor sport fairing, seperti produk Kawasaki yang belakangan ini sedang ramai diperbincangkan yaitu Kawasaki Ninja ZX-6R versi 2019. Motor yang memiliki tenaga 636cc ini menjadi salah satu produk yang cukup langka untuk dimiliki oleh pecinta motor sport Tanah Air. Meski Kawasaki sebelumnya sudah mengeluarkan produk yang sama namun ternyata banyak sekali fiture-fiture dan teknologi yang mereka perbaharui, tentunya hal ini menambah performa dari ZX-6R ini.

Meski pada Kawasaki ZX-6R 2019 ini mereka masih memakai jenis rangka yang sama yaitu pressed aluminium perimeter dari ZX-6R sebelumnya. Namun perbedaan awal yang akan dapat kita lihat perubahannya ada pada bagian desain. Dimulai dari bagian depan yang terinspirasi Ninja 250 2018, namun ada air scoop besar di tengah, serta area belakang juga lebih runcing, dengan inspirasi dari ZX-10R, dan lampu remmnya sudah LED seperti lampu depannya.

Dan tidak hanya pada desainnya saja, ternyata Kawasaki ZX-6R ini juga telah melewati uji standar emisi Euro-4 yang tentunya sudah bisa kita pastikan bahwa ZX-6R ini sudah sangat ramah lingkungan.

Jika kita melihat pada bagian dapur pajuknya, ZX-6R ini tidak banyak perubahan karena masih menggunakan mesin 4 silinder inline, DOHC, 16-valve, liquid-cooled berkapasitas 636 cc. Tenaganya tetap besar, 127,3 dk/13.500 rpm, namun dibanding versi sebelumnya, ternyata tenaga ZX-6R lebih kecil dibanding pendahulunya yang memiliki tenaga 129,3 dk.

Tapi jangan kecewa dulu, karena pada bagian final gear Kawasaki ZX-6R menggunakan gear 15/43 yang membuat torsi sebesar 70,8 Nm / 11.000 rpm, serta pada Kawasaki ZX-6R ini juga sudah tertanam fiture KTRC dan Quick Shifter yang biasa terdapat pada motor-motor Superbike sehingga hal ini semakin membuat si pengendara lebih nyaman memakainya untuk berkendara sehari-hari.

Tidak sampai di situ saja, karena Kawasaki juga tetap menggunakan shockbreaker Up Side Down (USD) dengan suspensi masih memakai Showa SFF Big Piston Fork, dengan diameter 41 mm, dan untuk bagian belakangnya memakai monoshock Uni-Trak khas Ninja agar sesuai dengan karakter rider-nya, suspensi depan-belakangnya bisa diatur sehingga untuk kenyaman berkendara sehari-hari dijamin tetap akan nyaman.

Meski bentuk dan desainnya lebih mungil dari para pendahulunya Kawasaki ZX-6R ini tentunya juga lebih bisa membuat si pengendaranya lebih mudah untuk melakukan akselerasi di jalan.

Perlu diketahui, Kawasaki ZX-6R ini, sementara hanya tersedia tak lebih dari 10 unit. Banyak sekali para pecinta motor sport sudah inden di dealer-dealer Kawasaki untuk memesan motor tersebut. Akan tetapi, motor Kawasaki jenis ini diproduksi terbatas dan hanya masuk di Indonesia untuk tahun 2019 ini hanya sebanyak 7 unit saja.

“Sementara ini pemerintah Indonesia stop impor kendaraan-kendaraan bermesin di atas 300cc dan memang untuk Kawasaki ZX-6R ini banyak sekali peminat. Namun di Indonesia ini hanya baru 7 unit yang masuk,” kata David, Kacab Kawasaki Grisenda MotorSport Kapuk kepada faktapers.id. Dedi Farlian

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *