DaerahJawa

Liburan Nginep di Polanharjo, Omah Cokro Pas Untuk Keluarga

×

Liburan Nginep di Polanharjo, Omah Cokro Pas Untuk Keluarga

Sebarkan artikel ini

Klaten, faktapers.id – Meski telah sukses merantau di Jakarta, mantan Deputi Pencegahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) 2004-2008, Waluyo merintis homestay di kampung halamannya yang dinamai “Omah Cokro”.

Selain sebagai mantan pejabat penting di KPK, Waluyo yang pernah menjadi Direktur Pertamina ini ditengah kesibukannya, selalu meluangkan waktu rutin pulang ke Klaten minimal seminggu sekali.

Dia melihat peluang besar di wilayah yang terkenal dengan seribu mata air ini. Ia membangun komunitas homestay di kawasan wisata Cokro tepatnya di Desa Borongan, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

‘’Di Cokro ada 23 mata air, banyak wisatawan (one day) pagi datang kemudian sore mereka sudah pulang, kebanyakan nginapnya di Solo atau Jogja. Padahal untuk menikmati wisata air di Polanharjo itu sehari nggak cukup,’’ ujarnya.

Menurut dia, adanya homestay harapannya wisatawan bisa tinggal dan menikmati liburan lebih lama, sehingga mereka akan membelanjakan lebih banyak uangnya di Cokro. Untuk itu, ia pun mengajak warga untuk membangun homestay.

“Apalagi, sekarang ini sudah banyak destinasi wisata yang ada diwilayah Polanharjo diantaranya Water Gong, Ponggok, Umbul Manten, Soko Alas, Honduras, Soko Alas, River Moon dan banyak lagi wisata yang lain,” terang dia.

Waluyo meyakini apabila ada penginapan yang memadai, pihaknya memastikan pengunjung akan mengeluarkan uang untuk tidur dan makan di Cokro. Konsep ini nantinya yang akan merubah perekonomian warga dari sektor pariwisata.

“Pesan saya diwilayah ini jangan dibangun hotel, alasanya karena pemiliknya pasti kapitalis. Sebisanya penduduk bikin homestay yang standar levelnya nyaman dan terjangkau. Disekitar sini banyak rumah kosong, jadi kami disini hanya reception based untuk membangun komunitas,” tegasnya.

Untuk diketahui, Omah Cokro mempunyai beberapa fasilitas sekelas yunior sweet room, tempat karaoke, meeting room, kolan renang, resto dan ruangan luas buat ramai-ramai sekeluarga. Ditempat yang lain (sekitar Omah Cokro) juga tersedia rumah untuk satu maupun dua keluarga yang dijamin lengkap dan luas.

(Madi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *