Headline

Otonomi Daerah Dorong Pemda Optimalkan Inovasi Masyarakat

1754
×

Otonomi Daerah Dorong Pemda Optimalkan Inovasi Masyarakat

Sebarkan artikel ini
dc0c9feb 2e02 4ac5 af62 682ee115641e

Klaten, faktapers.id – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Klaten, menggelar upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Otonomi Daerah (Otda) ke-23 Tahun 2019 yang diadakan di Halaman Pendopo Pemda Kabupaten Klaten, kamis (25/4/19) .

Bertindak selaku inspektur upacara, Sekda Klaten Jaka Sawaldi dengan diikuti jajaran pejabat setempat dan ratusan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Setda Kabupaten Klaten.

Dalam amanatnya membacakan sambutan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo, Jaka Sawaldi mengatakan, melalui Otda pemerintah pusat mendorong Pemda baik provinsi/kabupaten/kota untuk mengoptimalkan kreativitas dan inovasi baik Sumber Daya Manusia (SDM) maupun Sumber Daya Alam (SDA) dalam rangka memperkokoh pembangunan nasional.

“Hari Otda diperingati setiap tanggal 25 April dan tema Hari Otda ke-23 Tahun 2019 yakni Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia Indonesia yang Lebih Baik Melalui Penyelenggaraan Otonomi Daerah yang Kreatif dan Inovatif. Tema tersebut merupakan refleksi dari eksistensi dan ekspektasi masyarakat kepada pemerintah untuk memberdayakan ekonomi daerah dalam rangka mewujudkan kemandirian, kemajuan, dan kesejahteraan daerah ,” paparnya.

Perjalanan otonomi daerah, kata Jaka, pasca reformasi hingga sekarang dapat dikatakan banyak kemajuan yang telah dicapai. Buktinya, otonomi daerah telah memberikan solusi untuk mendorong kemajuan pembangunan daerah, karena dengan Otda Pemda, dan masyarakat diberikan kesempatan yang luas mengembangkan kreativitas dan inovasinya.

Muara dari pelaksanaan Otda, menurut Jaka, adalah terwujudnya kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan pelayanan, serta partisipasi aktif masyarakat dalam pembangunan. Dengan Otda diharapkan Pemda mampu meningkatkan daya saing dengan tetap memperhatikan prinsip demokrasi, pemerataan, keadilan, keistimewaan, kekhususan  serta potensi keanekaragaman daerah.

Sementara itu Kabag Humas Pemkab Klaten,  Wahyudi Martono menjelaskan, peserta upacara Hari Otda ke-23 tahun 2019 tingkat Kabupaten Klaten diantaranya jajaran ASN dari semua bagian yang ada di Setda Klaten seperti Bagian Humas, Bagian Umum, Bagian Kesra, Bagian Organisasi, Bagian Perekonomian, Bagian  Pemerintahan, Bagian Hukum, Bagian Pembangunan dan Bagian Layanan Pengadaan Barang dan Jasa. Kemudian dari Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Klaten, Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Klaten.

Peserta upacara Hari Otda juga berasal dari ASN Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Klaten, Sekretariat DPRD Klaten, Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappeda) Klaten, dan dari Dinas Pendidikan Klaten. Upacara Hari Otda ke-23 tahun 2019 tingkat Kabupaten Klaten. Madi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *