Headline

Sekda Sambut Mahasiswa Poltekesos Bandung

731
×

Sekda Sambut Mahasiswa Poltekesos Bandung

Sebarkan artikel ini
IMG 20200212 WA0119

Majalengka,faktapers.id– Dalam rangka Praktikum 3 atau tahap terakhir Mahasiswa Politeknik Kesejahteraan Sosial Bandung Tahun Akademik 2020 di Kab. Majalengka, rombongan yang dipimpin oleh Wakil Direktur 1 bidang akademik Poltekesos Dr. Admiral Nelson Aritonang P.Hd., disambut dan diterima Sekda Majalengka di Gedung Yudha Karya Abdi Negara, Rabu (12/02/2020).

Kedatangan rombongan Mahasiswa Poltekesos Bandung menggunakan 5 unit bus dengan jumlah Mahasiswa 380 orang dan 85 Dosen Pendamping disambut dan diterima oleh Kepala Dinas Pendidikan Kab. Majalengka atau yang mewakili beserta para Camat.

Dalam sambutannya pimpinan rombongan,
Dr. Admiral Nelson Aritonang P.Hd., menyampaikan rasa terimakasih kepada Pemkab Majalengka dalam hal ini Bupati Majalengka yang diwakili Sekda atas diterimanya rombongan Mahasiswa Poltekesos Bandung yang akan melaksanakan Praktikum tingkat tiga atau praktikum akhir tahun 2020.

Total mahasiswa yang akan melaksanakan praktikum berjumlah 380, praktikum itu sendiri akan dilaksanakan di 6 Kecamatan yakni Kecamatan Lemahsugih, Kertajati, Jatitujuh, Palasah, Jatiwangi, dan Malausma dengan waktu selama 2,5 bulan terhitung sejak tanggal 12 Februari sampai dengan 22 April 2020.

Lebih lanjut Admiral memaparkan, bahwa kegiatan praktikum 3 atau praktikum akhir bagi mahasiswa semseter 8, dalam praktiknya nanti, mahasiswa akan melaksanakan perkerjaan sosial makro, yang mencangkup pengunaan berbagai metode yang digunakan, untuk mengubah sistem arah komunitas di tingkat desa yang terintegrasi dengan kewenangan pemerintah Kabupaten.

Adapun tujuan Praktikum 3 ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mahasiswa, dalam melakukan praktek pekerjaan sosial makro terhadap komunitas.

Sehingga mahasiswa akan bersama dengan masyarakat mengidentifikasi kebutuhan dan masalah, serta kemudian akan mencari solusi baru, melalui pendekatan sitem sumberdaya yang ada dimasyarakat. Intinya bagaimana mengembangkan masyarakat untuk lebih mampu, sesuai dengan sistem yang berada dilingkungan mereka, dalam rangka meningkatkan taraf kesejahteraan masyarakat.

“Pemilihan Kab.Majalengka sebagai lokasi Prkatikum 3 ini karena Majalengka memiliki ciri khas tersendiri dengan kreativitas masyarakatnya yang semakin berkembang, lokasinya strategis dan mudah dijangkau serta perkembangan pembangunan yang dinamis diberbagai sektor,” jelas Admiral.

Sementara itu sambutan Sekretaris Daerah Kab. Majalengka, Drs. Ahmad Sodikin, M.M., mengucapkan selamat datang di Kab. Majalengka kepada para dosen pembimbing dan para Mahasiswa Poltekesos Bandung yang akan melaksanakan Praktikum 3 atau tahap Akhir.

Lebih lanjut Sekda mengatakan, bahwa pada hakikatnya, kegiatan Praktikum akhir atau biasanya disebut juga KKN itu adalah objeknya belajar. Namun tentunya bagaimana pelajaran yang kalian terima secara keilmuan dapat diuji dan harus bisa diterapkan dalam kenyataannya di lapangan.

Supaya antara teori dengan Kondisi di lapangan, bisa singkron dan bisa dijalani. Karena Praktikum ini merupakan pembentukan dalam menghadapi dunia yang sebenarnya dalam bermasyarakat.

“Semoga dengan kehadiran para Mahasiswa Poltekesos Bandung ini dapat mentransformasikan ilmu-ilmu yang didapat di perkuliahan sehingga dapat memberikan dampak positif kepada masyarakat dan juga dapat berkontribusi kepada Pemerintah Kab.Majalengka yang saat ini sedang tumbuh dan berkembang,” tutup Sekda.(Lintong Situmorang)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *