Tingkatkan Kinerja Fungsi Binmas dan Satbinmas, Polres Melawi Gelar Rapat Koordinasi

×

Tingkatkan Kinerja Fungsi Binmas dan Satbinmas, Polres Melawi Gelar Rapat Koordinasi

Sebarkan artikel ini

Melawi, faktapers.id – Sat Binmas Polres Melawi kembali menggelar rapat koordinasi (rakor) dengan Unit Binmas Polsek dan Bhabinkamtibmas, Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Tri Brata Mapolres Melawi ini diikuti oleh para Kanit Binmas Polsek Jajaran dan para Bhabinkamtibmas Jajaran Polres Melawi berjumlah sekitar 59 Personil, Kamis (13/2/2020) pagi.

Kegiatan ini dipimpin Kapolres Melawi AKBP Tris Supriadi, S.H., S.I.K., M.H diwakili oleh Kabag Ops Kompol Dedy F. Siregar, S.I.P., M.A.P didampingi Kasat Binmas AKP Theodorus Pardamean Marbun.

Dalam arahannya Kabag Ops Kompol Dedy F. Siregar menyampaikan ucapan terima kasihnya atas pelaksanaan kegiatan preemtif oleh para Bhabinkamtibmas dalam rangka mencegah terjadinya gangguan kamtibmas di Wilayah Hukum Polres Melawi.

Dia juga menggugah para Bhabinkamtibmas agar meningkatkan kinerja dan terlibat secara aktif dalam kegiatan di Desa binaannya karena Bhabinkamtibmas merupakan ujung tombak Polri untuk menciptakan Harkamtibmas didaerahnya.

“Laksanakan cipta kondisi yang kondusif menjelang Pilkades dan Pilkada serentak di Kabupaten Melawi pada Tahun ini, Dengan melakukan pendekatan kepada para tokoh agama, tokoh adat dan tokoh masyarakat dan seluruh elemen masyarakat agar dua agenda ini dapat berjalan dengan aman, damai dan sejuk,” jelasnya.

“Sebagai anggota Polri kita tidak boleh terlibat dalam politik praktis apalagi memihak kepada salah satu pasangan calon,” tegasnya.

“Pererat tali silahturahmi dengan para tokoh masyarakat untuk bersama Polri dalam rangka menciptakan keharmonisan, kerukunan dan ketentraman untuk mewujudkan kamtibmas yang kondusif menjelang pelaksanaan Pilkades dan Pilkada tahun 2020 ini. Agar masyarakat benar – benar merasakan iklim demokrasi yang bermartabat dengan terselenggaranya pemilu yang jujur, adil dan bersih dan terciptanya situasi politik yang aman, damai dan sejuk,” sambungnya.

Selain itu, Kabag Ops juga memberikan pesan agar para Bhabinkamtibmas dapat mengantisipasi pembakaran hutan dan lahan (Karhutla) karena sudah mendekati musim kemarau diharapkan dapat disosialisasikan sedini mungkin.

“Tingkatkan sosialisasi dengan mengedepankan sikap yang professional melalui pendekatan dan silaturahmi turun langsung ke lingkungan masyarakat,” pesan Kabag Ops mengakhiri sambutannya.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kasat Binmas AKP Theodorus Pardamean Marbun menyampaikan tugas pokok dan fungsi Sat Binmas adalah bertugas menjalankan dan melaksanakan pembinaan masyarakat yang meliputi kegiatan dalam penyuluhan masyarakat, pemberdayaan Perpolisian masyarakat (Polmas), melaksanakan pengawasan masyarakat.

Melaksanakan koordinasi keamanan masyarakat baik dalam bentuk pam swakarsa (pengamanan swakarsa), polsus (Perpolisian khusus), serta menjalin kerja sama dengan organisasi masyarakat, lembaga – lembaga baik swasta maupun Pemerintah. Dan menjalin silahturahmi dengan tokoh yang ada dalam masyarakat guna meningkatkan kesadaran dan ketaatan masyarakat sadar hukum dan peraturan per Undang – undangan serta terpeliharanya kamtibmas.

“Melalui para Bhabinkamtibmas yang menjadi ujung tombak dalam rangka menciptakan harkamtibmas yang kondusif di Wilayah Hukum Polres Melawi ini, melalui door to door system (DDS), sambang kamtibmas, silaturahmi, sosialisai serta deklerasi yang dilaksanakan oleh para Bhabinkamtibmas, kita yakin kondusifitas kamtibmas akan terus terjaga,” katanya.

“Tetap laksanakan 7 Kegiatan rutin Bhabinkamtibmas yaitu DDS, Deteksi Dini, Kegiatan Desa, Problem Solving, Pembinaan Komunitas, Police Servis dan Pembinaan Pos Kamling. Harus dilaksanakan dengan penuh rasa tanggung jawab dan teruslah berkarya serta berinovasi untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat di Desa,” ucap Marbun.

Dibahas juga kegiatan seperti Binkamsa, Bintibmas, Binpolmas, Satgas Bantuan Sosial, Satgas Saber Pungli, Pencegahan Karhutla dan kegiatan Bhabinkamtibmas serta laporan bulanan unit Binmas Polsek Jajaran.(Skn/Abd/Swd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *