Headline

Tingkatkan Potensi dan Perkembangan Desa, Kecamatan Patilanggio Gelar Lomba

×

Tingkatkan Potensi dan Perkembangan Desa, Kecamatan Patilanggio Gelar Lomba

Sebarkan artikel ini

Gorontalo, faktapers.id – Untuk memajukan serta meningkatkan perkembangan desa. Kecamatan Patilanggio, Kabupaten Pohuwato, Provinsi Gorontalo menggelar lomba desa. Lomba yang diadakan itu mengacu pada Dasar hukum Permendagri no. 13 tahun 2017 tentang lomba desa dan kelurahan yang di dalam terdapat 8 (delapan) indikator penilaian berdasarkan permendagri no 12 tahun 2017 tentang profil desa/kelurahan.

Surat Bupati Pohuwato No:009/SEK/DPMD/134/2020 tanggal 27 januari 2020. Surat camat No : 800/KEC-PTLG/48/II/2020 tanggal 03 februari 2020 tentang pemberitahuan Lomba Desa TK Kecamatan Patilanggio.

Surat keputusan Camat tentang penetapan tim penilaian Lomba Desa TK Kecamatan Patilanggio 2020.
selasa/10/2/2020.

Ditemui oleh faktapers.id, Camat Patilanggio, Kisman Djafar S.PD mengatakan, lomba ini rutin digelar tiap tahunnya oleh pihak kecamatan. Untuk menggali potensi yang ada di desa-desa tersebut.

“Lomba desa ini tiap tahun sekali rutin di laksanakan berdasarkan Permendagri no 13 tahun 2017 tentang lomba desa,” ucapnya saat berada di Desa Balayo bersama tim penilaian Tingkat kecamatan Patilanggio.

Kisman menjelaskan, ada 8 (Delapan) indakotor penilaian yang sesuai dengan Permendagri, sasaran melaksanakan penilaian ada 6 (Enam) desa di kecamatan patilanggio. Sementara waktu pelaksanaan Lomba Desa di mulai pada tanggal 05 Februari – 07 Februari tahun 2020

“Dengan diadakan lomba desa, kita bisa mengetahui potensi dan perkembangan desa. Sehingga setiap tahunnya desa. Dan sudah 3 tahun terakhir Kecamatan Patilanggio mendapat hasil yang memuaskan,”jelasnya.

Diungkapkan camat, hasil yang di dapat oleh tim lomba Desa dari 8 (Delapan) indikator mendapatkan peningkatan dari tahun ketahun dan dapat di buktikan dengan :

1. Tahun 2017 desa Ileheluma mendapatkan juara 1 TK. Kabupaten Pohuwato dan mendapatkan juara II TK. Provinsi.

2. Tahun 2018 desa Dulomo mendapatkan juara IV TK. Kabupaten.

3. Tahun 2019 desa Suka Makmur mendapatkan juara 1 TK. Kabupaten Pohuwato dan mendapatkan juara II TK. Provinsi.

“Saya berharap Desa Balayo ini dapat mewakilkan Kecamatan di tingkat provinsi. Maupun desa-desa yang jadi pemenang lomba,” imbuhnya.

Sementara itu, Uyan Oka selaku Kades Balayo menambahkan, pihaknya semaksimal mungkin mempersiapkan perlengkapan dalam melayani masyarakat.

“Dan saya selaku Kades Balayo mengharapkan Desa Balayo bisa mewakili Kecamatan Patilanggio dalam lomba desa di TK. Kabupaten hingga TK. Provinsi,” tambahnya.(rian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *