DPD Pilih Bekerja untuk daerah Ketimbang Mengritik

×

DPD Pilih Bekerja untuk daerah Ketimbang Mengritik

Sebarkan artikel ini

Jakarta, faktapers.id -Ketimbang sibuk mengkritisi pemerintah pusat, Dewan Perwakilan Daerah (DPD) lebih memilih pastikan kebijakan pemerinth pusat bisa dirasakan masyarakat di daerah.

Demikian Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattaliti menegaskan. “Di tengah situasi yang serba mendesak ini, DPD sebagai wakil daerah lebih memilih bekerja di daerah,” sebut dia dalam pernyataan tertulisnya, Senin (6/4/20).

Diakui LaNyalla, dirinya berulang kali dalam setiap kesempatan meminta semua senator yang sekarang sedang berada di 34 provinsi, untuk bekerja aktif memastikan daerah telah mendapat atau merasakan kebijakan yang telah diambil pemerintah pusat.

“Mulai dari penerapan protokol Covid-19, distribusi alat kesehatan hingga APD tenaga medis, serta dana re-alokasi APBN. Termasuk kebijakan terhadap dunia usaha dan jaring pengaman sosial,” ujarnya.

Menurut LaNyalla, saat ini yang dibutuhkan adalah kebersamaan dalam bekerja, bukan perdebatan. “Yang dibutuhkan adalah langkah aksi yang bermuara kepada satu tujuan, yaitu meminimalisir korban dan dampak dengan menjalankan apa yang sudah diputuskan pemerintah seoptimal mungkin,” ujarnya.

Caranya, sambung LaNyalla, semua komponen mengambil peran masing-masing menuju satu tujuan tadi. “Yang dibutuhkan pemerintah hari ini adalah masukan dan informasi lapangan yang akurat,” urainya.

Sehingga, lanjut LaNyalla bisa melengkapi data di pusat komando yang ada di BNPB dan Kemenkes sebagai gugus tugas penanggulangan Covid-19. Pusat komando terbantu dalam memetakan serta memitigasi penyebaran virus ini.

Terkait kritik kepada pemerintah yang belakangan ini marak di media, LaNyalla menyatakan hal itu sebagai sesuatu yang wajar. “Di semua negara, pemerintah sedang mendapat kritik dalam konteks penanganan pandemic ini. Karena Covid-19 ini selain memang bersifat massif, penyebarannya juga begitu cepat,” paparnya.

LaNyalla pun menegaskan, karena itu kini bukanlah saat yang tepat untuk berdebat. Tetapi saat yang tepat untuk turun tangan dengan satu fokus, kita jalani sesuai peran dan fungsi kita masing-masing dengan mengikuti apa yang sudah diputuskan pemerintah.(OSS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *