Butuh Waktu Lama Temukan Vaksin, JK: Indonesia Bisa Normal 3 Tahun Lagi

425
×

Butuh Waktu Lama Temukan Vaksin, JK: Indonesia Bisa Normal 3 Tahun Lagi

Sebarkan artikel ini

Jakarta, faktapers.id – Indonesia baru akan kembali normal setelah 3 tahun karena wabah virus corona. Sebab, dibutuhkan waktu lama untuk menemukan vaksin agar benar-benar tak ada lagi virus corona.

Demikian pernyataan prediksi itu disampaikan oleh mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla disela-sela acara diskusi bertajuk ‘The New Normal Indonesia: Apa Maksudnya, Sudah Waktunya, Apa Agenda Semestinya?’ yang digelar oleh Dewan Nasional Pergerakan Indonesia Maju, Sabtu kemarin.

Dikatakan JK, penemuan vaksin sendiri setidaknya membutuhkan waktu yang cukup lama. “Itu minimum 3 tahun. Ngitungnya gimana? Kalau vaksin ditemukan paling cepat Februari 2021, setelah itu mesti produksi. Kalau penduduk dunia 7 miliar, kira-kira 5 miliar harus divaksin. Kalau penduduk Indoensia 270 juta, mungkin 250 juta harus vaksin,” katanya.

Saat ini tutur JK, Indonesia akan masuk dalam fase new normal. Selama fase ini, diharapkan masyarakat menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker, menjaga jarak, serta mencuci tangan.

Kendati demikian sambung JK, berdasarkan hitung-hitungan dalam penerapan New Normal ini, pastinya setiap wilayah akan berbeda-beda.

“Saya hitung ini kalau kita masuk new normal ini berbeda-beda. Mungkin new normal di Jakarta mungkin bulan depan Juli. Tapi Surabaya bisa bulan berikutnya. Atau di tempat lain beda lagi. Karena itu sesuai perhitungan perhitungan epidemiologi dan sebagainya,” pungkasnya.(uaa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *