Dukung Program Vaksinasi, Semua Elemen Diminta Terapkan Prokes Covid-19

×

Dukung Program Vaksinasi, Semua Elemen Diminta Terapkan Prokes Covid-19

Sebarkan artikel ini

Jakarta, faktapers.id – Organisasi kepemudaan “Move Society” menggelar web seminar (Webinar) dengan tema “Efektivitas Program Vaksinasi dalam Upaya Memutus Rantai Pandemi Covid-19”, Senin (25/1/2021).

Acara yang dipandu oleh moderator Salsya Putri Tel Aviv Nirahua ini dihadiri Jubir Covid-19 Kemenkes RI/Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kemenkes Siti Nadia Tarmizi, Dekan Fakultas Kesehatan UNAS Retno Widowati, dan CEO Merial Helth Adriansyah Bahar.

Sebanyak 85 orang, yang terdiri dari mahasiswa UNAS, UPN, Pamulang, Kolaka (Sulawesi Tenggara), Nganjuk (Jawa Timur), praktisi kesehatan, perawat, bidan, dan undangan mahasiswa lainnya turut menghadiri webinar tersebut.

Dekan Fakultas Kesehatan UNAS, Retno Widowati mengatakan bahwa sejak pandemi Covid-19 masuk ke Indonesia, masyarakat di ruang publik sudah mulai menjalankan protokol kesehatan 3 M di toko-toko, restoran, dan tempat lainnya.

“Namun demikian itu saja tidak cukup karena pandemi Covid-19 saat ini masih cukup tinggi dan merugikan masyarakat, baik materiil maupun imateriil,” kata Retno dalam paparannya.

Retno pun menilai keputusan pemerintah memberikan vaksin merupakan salah satu cara menyetop mata rantai penyebaran Covid-19 di Indonesia.

“Pemerintah sudah maksimal, kita harus lakukan pada tugas masing-masing,  Insya Allah program vaksinasi berjalan sukses sehingga pandemi Covid-19 dapat berlalu di negara kita,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, CEO Merial Helth Adriansyah Bahar menyebutkan bahwa sejarah telah menyatakan vaksinasi efektif dalam memutus rantai pandemi. Oleh karenanya, harus ada kolaborasi bersama pemerintah dan seluruh elemen masyarakat di Indonesia.

“Pemerintah harus melakukan 3 T secara  masif dan luas serta pemerintah harus menyiapkan SDM, fasilitas kesehatan dalam menghadapi melonjaknya kasus naiknya Covid-19 ini,” ucap Adriansyah.

“Vaksinasi salah satu ikhtiar mengakhiri pandemi dengan patuh kepada protokol kesehatan 3 M dan 3 T dari pemerintah,” tambahnya.

Sementara itu, Jubir Covid-19 Kemenkes RI/Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kemenkes Siti Nadia Tarmizi menjelaskan, vaksin merupakan salah satu sarana dalam memutus rantai penyebaran Covid-19.

Untuk itu, Siti meminta kepada mahasiswa, masyarakat umum, dan elemen masyarakat lainnya bergandengan tangan menjadi agen perubahan agar keluar dari situasi yang sulit ini.

“Kita harus meyakinkan diri kita dan lingkungan kita bahwa vaksin aman. Vaksin akan melindungi diri kita dan keluarga dengan tetap menjalankan protokol kesehatan,” tandasnya. Ilham

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *