Senin, Maret 1, 2021
Beranda HUT ke-71 Kodam Jaya dan Hari Juang Kartika 2020, Vihara Hemadhiro Mettavati...
Array

HUT ke-71 Kodam Jaya dan Hari Juang Kartika 2020, Vihara Hemadhiro Mettavati dan Koordinatoriat PWI Jakbar Gelar Donor Darah

Jakarta, Faktapers.id –  Dalam rangka HUT ke-71 Kodam Jaya Jayakarta dan Hari Juang Kartika Tahun 2020, Yayasan Vihara Hemadhiro Mettavati-Majelis Mahabudhi bekerja sama dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Koordinatoriat Jakarta Barat menggelar kegiatan donor darah.

Kegiatan itu berlangsung di Vihara Hemadhiro Mettavati Jalan Kapuk Gang Mawar RT 011/01, Kelurahan Kapuk, Cengkareng, Jakarta Barat.

Pada kesempatan itu, Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) DKI Jakarta Rustam Effendi mengapresiasi kegiatan donor darah yang digelar Yayasan Vihara Hemadhiro Mettavati- Mahabudhi dan PWI Koordinatoriat Jakarta Barat.

“Saya juga berterima kasih kepada anggota TNI/Polri dan rekan-rekan PWI Koordinatoriat Jakbar serta masyarakat yang sudah memberikan kontribusi kepada PMI,” ujar Rustam saat dilokasi, Sabtu (23/1/2021).

Menurutnya, kebutuhan stok donor darah di DKI Jakarta ditargetkan setiap harinya 1000 kantung darah. Sedangkan saat ini hanya mencapai 70 persen dari total kebutuhan untuk rumah sakit.

Selain itu, kegiatan tersebut dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

“Tadi sudah dilihat bagi peserta yang ingin mendonorkan darahnya diperiksa kondisi kesehatan secara ketat sehingga dipastikan tidak terpapar Covid19,” jelas Rustam.

Sementara itu Ketua Yayasan Vihara Hemadhiro Mettavati Mahaudhi Romo Asun menyampaikan apresiasinya semua pihak yang terlibat dalam kegiatan donor darah ini. Sehingga acara ini bisa berjalan dengan baik dan lancar.

“Terima kasih kepada Dandim 0503/JB Dadang Ismail Marzuki, Kapolsek Cengkareng, Camat Cengkareng, PMI Jakarta Barat,rekan-rekan wartawan dari PWI Jakbar dan semua pihak yang telah membantu terlaksananya acara ini. Semoga apa yang kita lakukan hari ini menjadi ibadah kita semua,” kata Romo Asun.

Ia menyebutkan bahwa PMI Jakarta Barat setiap hari membutuhkan ratusan kantong darah. Romo Asun juga berharap hasil dari kegiatan donor darah tersebut bisa dimanfaatkan secara optimal untuk memenuhi ketersediaan darah bagi pasien yang membutuhkan.

“Mudah-mudahan kegiatan donor tidak hanya sampai disini. Semoga ketulusan niat dari para pendonor akan mendapatkan berkah dan pahala dari Tuhan yang maha esa,” harapnya.

Dikesempatan yang sama, Wakil Bidang Sosial PWI Koordinatoriat Jakbar Fery Naigolan yang didampingi Wakil Ketua bidang Organisasi Maulen Muthe menambahkan, pelaksanaan donor darah ini menerapkan protokol kesehatan. Seluruh peserta harus melaksanakan 3M seperti mengenakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun.

“Kegiatan donor darah ini mengatasi keterbatasan stok darah di PMI saat pandemi Covid-19. sehingga dapat dimanfaatkan bagi mereka yang membutuhkan,” pungkasnya.

Pada kesempatan itu turut dihadiri, diantaranya ketua PMI DKI, Dandim 0503/JB, Kapolsek Cengkareng, Camat Cengkareng, Danramil 04 Cengkareng, Lurah Kapuk, para anggota PWI Koordinatoriat Jakbar dan organisasi masyarakat. Kornel/Ibeng

Most Popular

Recent Comments