Kunjungi Daerah Sudirman, Temukan PMKS, Mensos Risma Tawarkan Tempat Tinggal Hingga Bantu Pemulangan PMKS ke Daerah Asal

×

Kunjungi Daerah Sudirman, Temukan PMKS, Mensos Risma Tawarkan Tempat Tinggal Hingga Bantu Pemulangan PMKS ke Daerah Asal

Sebarkan artikel ini

Jakarta, faktapers.id – Menteri Sosial (Mensos) Republik Indonesia (RI), Tri Rismaharini kembali blusukan dengan menjumpai beberapa PMKS (Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial) yang tidak memiliki tempat tinggal di Jakarta.

Pertama, saat melintas di kawasan Jalan Sudirman-Thamrin, Jakarta Pusat, Risma menemui dua orang PMKS yang sedang duduk-duduk di antara pedestrian jalan. Melihat suasana itu, Risma langsung berhenti dan menghampiri keduanya dan mengajak berdialog.

Kedua PMKS itu diketahui bernama Yanto dan Fitra. Yanto mengaku tinggal di kawasan Ulujami, Pesanggrahan Jakarta Selatan dan bekerja sebagai pedagang masker keliling.

Sementara Fitra, mengaku tidak memiliki tempat tinggal dan sehari-hari bekerja sebagai pemulung.

“Ibu alamatnya dimana, rumahnya mana Ibu, asalnya mana,” tanya Risma kepada Fitra, Senin (4/1/2021).

Tuna wisma yang diketahui menderita sakit kusta tersebut mengaku tidak mempunyai rumah dan hanya menggelengkan kepalanya saat ditanya Risma daerah asalnya.

Risma pun langsung menginstruksi stafnya yang mendampinginya supaya mendata warga tersebut agar segera diberikan intervensi berupa tempat tinggal, pengobatan, makanan dan pakaian yang layak.

Setelah berdialog dengan kedua PMKS itu, mantan Wali Kota Surabaya ini kembali melanjutkan blusukannya ke kawasan Jalan Pintu Air Pasar Baru, Jakarta Pusat. Di sana, ia kembali turun dari kendaraannya karena melihat seorang lansia yang sedang tidur di emperan toko.

Sontak, Risma langsung menghampirinya dan berdialog dengan lansia yang mengaku bernama Kasdubi ini. Karena pria ini mengaku tidak memiliki tempat tinggal, akhirnya Risma menawarkan Kasdubi supaya tinggal di Balai Bekasi.

“Ikut saya ya pak. Nanti saya carikan balai. Ke rumah, nanti ada temannya banyak ya pak ya. Nanti bapak tetep bisa mulung, cari pulungan. Saya bantu cari kerjaan. Supaya bisa makan, bisa tidur, tidak kehujanan ya pak. Bapak disini dulu, nanti ada yang jemput,” tutur Risma mengajak seorang tuna wisma. Her

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *