Sabtu, September 25, 2021
BerandaBantenKeberadaan PT Xiang Wang Indonesia Dikeluhkan Warga Desa Leuwilimus

Keberadaan PT Xiang Wang Indonesia Dikeluhkan Warga Desa Leuwilimus

Serang, Faktapers.id – Keberadaan PT Xiang Wang Indonesia dianggap menjadi horor karena menimbulkan bau yang sangat menyengat seperti bau belerang dikeluhkan oleh warga Desa Leuwimus, kecamatan Cikande, Kabupaten Serang – Banten.

Bau tersebut mengakibatkan batuk, sesak nafas dan mual -mual, bahkan beberapa warga ada yang pingsan saat mencium bau itu. Warga menduga bahwa bau yang mengakibatkan mual – mual itu diduga bersumber dari asap yang di timbulkan oleh PT Xiang Wang Indonesia.

“bau itu seperti bau pipa paralon di bakar, baunya minta ampun, bikin batuk, sesak dan mual – mual, tenggorokan seperti tercekik dan gatal,” kata Abah Tari sala seorang warga Kampung Gambar yang terdampak bau menyengat itu.

Abah Tari juga menceritakan, bau itu muncul sekitar jam 15.00 wib dan masih tercium hingga jam 19.00 wib.

“tiba – tiba seperti kesulitan bernapas, lalu batuk – batuk, sampai hari ini masih terasa sakit di dada, mungkin karena kelamaan batuk nya,” ungkap Abah Tari.

Abah Tari juga mengaku bahwa bau menyengat itu baru beberapa hari belakangan ini tercium, sejak PT Xiang Wang Indonesia mulai di uji coba.

“saya sudah tahunan dagang nasi di sini, belum pernah mencium bau menyengat seperti itu,” tuturnya.

Hal yang sama juga di akui Adma, ketua RT 02 Kampung Gambar, Desa leuwilimus, Adma mengatakan bahwa, awal mula bau itu terjadi dua hari setelah lebaran.

“selain bau menyengat, mata juga pedih pokoknya sangat menyiksa bangat lah,” kata Adma.

Kata Adnan, bukan hanya Kampung Gambar yang terimbas bau yang diduga di timbulkan oleh perusahaan PT Xiang Wang Indonesia itu, Kampung yang lain di Desa Leuwilimus juga merasakannya.

“semua warga juga tau pak, yang menimbulkan bau itu adalah PT Xiang Wang Indonesia, kasihan masyarakat yang jadi korban, sebelum ada perusahaan itu, tidak pernah tercium bau seperti ini,” tandasnya.

Dulu, lanjut Adnan, sebelum beralih jadi PT Xiang Wang Indonesia perusahaan itu bernama PT DSG produksi pempers.

“waktu perusahaan itu di tempati PT DSG, tidak pernah ada bau seperti ini, baru setelah di tempati PT Xiang Wang Indonesia baru timbul bau menyengat,” ungkapnya.

Amir, ketua RW 03 Desa Leuwilimus ketika di konfirmasi mengatakan bahwa, sudah banyak warga yang mengeluh terkait bau yang di timbulkan oleh PT Xiang Wang Indonesia.

“intinya, kita akan menampung semua aspirasi dan keluhan dari masyarakat, baru nanti kita musyawarahkan ke tingkat Desa, kita lagi melakukan pendataan warga yang terpapar bau itu,” kata Amir, ketua RW 03 Desa Leuwilimus. RM

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments