Headline

Kri Teluk Lampung 540 Debarkasi Yonif 144 Jaya Yudha Siap Jaga Perbatasan RI – Malaysia

×

Kri Teluk Lampung 540 Debarkasi Yonif 144 Jaya Yudha Siap Jaga Perbatasan RI – Malaysia

Sebarkan artikel ini

 

 

Jakarta, faktapers.id – KRI Teluk Lampung 540 yang melaksanakan tugas operasi angkutan laut militer, mendebarkasikan prajurit Yonif 144 Jaya Yudha di pelabuhan Dwikora, Pontianak, Kamis (27/5). Pasukan ini akan melaksanakan tugas sebagai Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan atau Satgas Pamtas RI-Malaysia.

 

Saat sandar di Dermaga Pontianak ini, kapal perang yang berada dibawah kendali Satlinlamil 2 Surabaya disambut Komandan Lantamal XII Pontianak Brigjen TNI (Mar) Andi Rukman beserta jajarannya.

Para prajurit langsung mengikuti prosedur protokol kesehatan yang telah disiapkan Dinas Kesehatan Lantamal XII Pontianak untuk mengecek kondisi tubuh setelah perjalanan dari Palembang hingga Pontianak.

Setelah itu proses debarkasi langsung dilaksanakan. Komandan KRI Teluk Lampung 540 Letkol Laut (P) Sulthon Maula Firdaus, memerintahkan prajuritnya untuk melaksanakan debarkasi personel dan materiil Satgas pasukan dari Kodam II Sriwijaya ini.

 

Senada dengan Komandan KRI, Letkol Inf Andri Suratman Komandan Yonif 144 Jaya Yudha juga memerintahkan prajuritnya untuk membantu proses debarkasi material satgas perbatasan ini.

 

Menurut Komandan KRI Letkol Laut (P) Sulthon Maula Firdaus selama pelayaran berjalan lancar. Cuaca sangat mendukung. Kemudian kondisi prajurit KRI maupun pasukan yang diangkut semua dalam keadaan kondisi baik dan sehat.

 

“Kondisi pasukan selama dalam pelayaran dalam keadan baik, demikian juga cuaca sangat mendukung. Moril prajurit/pasukan selama dikapal tinggi sebagai motivasi untuk melaksanakan tugas,” ujar komandan KRI.

 

Sementara itu, Panglima Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) Laksda TNI Irvansyah mengatakan berdasarkan Perpres 66 tahun 2019 tentang Susunan Organisasi TNI, salah satu tugas pokok Kolinlamil adalah pembina tunggal Angkutan Laut militer TNI, sehingga pergeseran pasukan ke seluruh wilayah Nusantara merupakan salah satu tugas pokok Kolinlamil. Unsur-unsur KRI Kolinlamil siap mendukung pergeseran pasukan TNI ke daerah perbatasan dengan negara tetangga, daerah-daerah rawan dan pulau-pulau terluar RI.

 

 

 

“Kapal perang Kolinlamil selalu siap untuk mendukung pergeseran pasukan dan material ke seluruh wilayah NKRI dalam rangka Operasi Militer Perang (OMP) maupun Operasi Militer Selain Perang (OMSP). Sudah menjadi tugas pokoknya untuk mendukung operasi angkutan laut militer TNI, sesuai perintah Panglima TNI” jelas Panglima Kolinlamil.

 

KRI Teluk Lampung 540 merupakan armada pendarat dan juga sebagai kapal pengangkut logistik jenis LST yang aktif yang dibangun oleh VEB Peenewerft, Wolgast, Jerman Timur pada tahun 1979. Han

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *