Jumat, September 24, 2021
BerandaBaliDesa Baktiseraga Kembali Gebrak Potensi Desanya, Bangun kantor BumDes Demi Masyarakat

Desa Baktiseraga Kembali Gebrak Potensi Desanya, Bangun kantor BumDes Demi Masyarakat

Singaraja.Bali.Faktapers.id- Badan Usaha Milik Desa ( BumDes ) yang biasanya seringkali menuai masalah hukum akibat menagemen pengelolaan yang kurang efektif dari para oknum pengurus.

Namun kali ini berbeda, salah satu desa di jantung kota Singaraja yakni Desa Baktiseraga mulai memicu kemajuan desanya. Pemdes Baktiseraga Kecamatan Buleleng yang dikendalikan Gusti Putu Armada selain menjadi desa contoh di Buleleng kini mulai meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya dengan membangun Badan Usaha Milik Desa ( Bumdes Kartika Lestari) yang didirikan sejak tahun 2017 dan belum memiliki kantor. Selama ini ngantor di kantor desa. Gedung baru yang dibuat akan membuat bumdes lebih siap dan representatif untuk pelayanan usaha nya.

Kepada awak media Faktapers.id diruang kerjanya Jumat,(4/6), Kades yang banyak memiliki ide brilian dalam membangun kemajuan desanya menjelaskan.

“BumDes di dirikan tahun 2017 dan belum ada kantor, selama pengelolaan tim kita gabung di kantor desa satu ruangan dimanfaatkan. Sembari itu kami menyiapkan tempat di jalan laksamana milik RT yang ada di dusun Seraya. Kita bangun bertahap, sumber dananya ada dari bansos, juga dari apbdes, dan untuk tahun ini kita suport sampai finising,”ujar Armada.

Lebih terang dikatakan mantan auditor BPKP ini yang memiliki pengalaman luas menjelaskan. Mendirikan kantor BumDes akan membuat Bumdes jauh representatif, dan nantinya produk yang dikelola dipajang sehingga masyarakat lebih mudah untuk mencari kebutuhan yang diperlukan,

“Sebentar kita akan launching kantor, sekaligus toko, untuk Bumdes Kartika Lestari. Gedung kita bangun setahap demi setahap, dan akhirnya selesai juga.
Sambil jalan, sistem tata kelola juga terus kita up grade. Disini ada 3 unit usaha yang duluan berjalan seperti pengelolaan air berbasis digital , keuangan, dan tata kelola sampah + 1 unit tambahan, trading (sedang dipersiapkan ). Semua ini butuh proses, dimulai dari kecil, tidak langsung besar, bertahap, sambil memperkuat pondasi–pondasi yang diperlukan.
Kami selaku Kades berharap semoga menjadi entitas ekonomi yang kuat, juga tumpuan harapan dalam pembangunan desa ke depan nya. Jadi semua itu akan dikelola Bumdes”jelas Gusti Putu Armada. Des

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments