Headline

Desa Sangsit Potensi Maju, Kades Arya Suyasa Tingkatkan Mutu Kwalitas Desa Bersih

364
×

Desa Sangsit Potensi Maju, Kades Arya Suyasa Tingkatkan Mutu Kwalitas Desa Bersih

Sebarkan artikel ini
IMG 20210605 WA0113

Singaraja.Bali.Faktapers.id-Desa Sangsit Kecamatan Sawan, Buleleng merupakan desa yang banyak memiliki peninggalan sejarah selain Goa peninggalan Kerajaan Buleleng ,Pura Beji dengan corak arsitektur yang tidak terkalahkan di Bali yang simetris dengan pengaruh Tiongkok .

Pura ini merupakan pura subak sebagai sthana dari Dewi Sri. Dalam keyakinan Hindu, Dewi Sri merupakan dewi kesuburan, yang telah memberikan kesejahteraan dan kesuburan bagi lahan-lahan pertanian yang diolah para petani.

IMG 20210605 WA0112Begitu juga Pabean Sangsit yang merupakan salah satu pelabuhan tersibuk di masa lalu, setelah pelabuhan Buleleng. Sampai kini, Pabean Sangsit masih dimanfaatkan untuk pelabuhan barang antar pulau.

Biasanya, para pedagang dari wilayah Pulau Sapeken dan sekitarnya di Provinsi Jawa Timur akan melakukan transaksi ekonomi ke Buleleng. Jaraknya, lebih dekat daripada harus ke Banyuwangi.,Untuk tetap menjaga kelestarian yang ada Pemdes Sangsit dan Bendesa Adat harus bersinergi umtuk menjaga semua ini, baik dari keamanan lingkungan maupun kebersihan desa.

Seperti yang dilakukan Pemdes Sangsit dibawah kepemimpinan Kades Putu Arya Suayasa di kawasan pesisir Pabean, pihaknya bersama perangkat desa dan masyarakat membersihkan pesisir dari ujung timur ke barat.

Kepada Faktapers.id, Kades Arya Suyasa Sabtu(5/6) usai bersihkan pesisir pantai menerangkan dalam rangka Jumat bersih dan termasuk hari ini sabut berinama *Sangsit Kedas* terutama dikawasan pesisir pantai. Kami dari Pemdes menganggarkan pembuatan Pokdarwis seperti perbaikan aliran sungai yang kemarin kita jadikan tempat wahana air dan terhanyutkan banjir serta pembuatan kios-kios .

“Jadi kita sasar pesisir pantai ini yang mana melibatkan masyarakat kami, kalau dibilang bersih masih belum namun perlunya keterlibatan masyarakat kita demi menjaga lingkungan. Untuk keamanan desa sesuai pergub kita akan bentuk Sipandu beradat, dimana Sipandu Beradat ini akan ada sistem keamanan dengan melibatkan pecalang, Limas, Satpam ,Pam Swakarsa serta kerjasama kita Kapolsek dan Danramil Sawan,”jelas Arya Suyasa. Des

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *