Minggu, Juli 25, 2021
BerandaBaliPemdes Tigawasa Peringati Lahir Pancasila “Tetap Menjaga Persatuan dan Kesatuan Kita"

Pemdes Tigawasa Peringati Lahir Pancasila “Tetap Menjaga Persatuan dan Kesatuan Kita”

Singaraja.Bali.Faktapers.id – Hari lahir Pancasila jatuh pada tanggal 1 Juni yang ditandai oleh pidato yang dilakukan oleh Presiden pertama Indonesia, Soekarno pada 1 Juni 1945 dalam sidang Dokuritsu Junbi Cosakai (Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan).

Ketika berpidato dalam sidang BPUPKI 1 Juni 1945, Bung Karno mengemukakan lima konsep untuk dijadikan sebagai dasar negara Indonesia. Lima konsep itu antara lain: kebangsaan, internasionalisme, permusyawarakatan, kesejahteraan, dan ketuhanan.

Lahirnya PANCASILA 1 Juni menjadi hari libur Nasional dan harus diperingati oleh masyarakat di seluruh pelosok tanah air, seperti masyarakat desa Tigawasa Kecamatan Banjar,Buleleng Bali. Upacara di gelar dihalaman Kantor Kepala desa dengan dipimpin langsung Kades I Made Suadarmayasa, selain menaikan Bendera Mera Putih keatas tiang juga digelar doa bersama.

Kades Suadarmayasa usai penringati Lahirnya Pancasila 1 Juni 2021 menerangkan di Kantor desa setempat kepada awak media Faktapers.id,” Memperingati hari lahirnya Pancasila adalah momen yang sangat tepat bagi kita semua,khususnya bagi kita para abdi masyarakat (pemeritahan desa)kenapa dihari kesaktian pancasila ini kita pakai sebagai momen yang tepat,karna dimasa sulit dengan terjadinya pandemi covid 19 saat ini. Kita semua diharapkan untuk mampu mengamalkan dan melaksanakan amanah yang betul-betul didasari dengan nilai nilai luhur yang terdapat dalam butir -butir Pancasila,dalam situasi saat ini kita semua wajib memanjatkan doa kepada Tuhan Yang Maha Esa (Ida Sang Hyang Widhi) agar segala aktivitas kita di berkati kesehatan dan keselamatan,disamping itu juga harus tetap menjungjung nilai-nilai kemanusiaan,dengan tetap menjaga persatuan dan kesatuan kita,yang dilandasi dengn musyawarah mufakat. Dengan kesadaran tinggi akan nilai-nilai yang tertuang dalam Pancasila,maka tugas dan tanggung jawab yang kita emban akan bisa berjalan dengan baik,”ujar Suadarmayasa.

Lebih jelas dikatakan, pria yang digadang-gadang bakal kembali terpilih dalam Pildes tahun depan.

“Hari kesaktian Pancasila ini kita peringati bersama semua staf Pemdes Desa Tigawasa tokoh masyarakat di halaman kantor desa dengan komandan upacara di pimpin oleh Sekdes,dan saya sendiri selaku Kades dan kelian adat langsung sebagai pembina upacara,”jelasnya. Des

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments