Headline

Pj Sekda Gowa Lepas 159 Dosen PTS Indonesia

×

Pj Sekda Gowa Lepas 159 Dosen PTS Indonesia

Sebarkan artikel ini

Gowa, Faktapers.id —-Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa Gowa, Kamsina melepas 159 dosen dari Aliansi Dosen Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (ADPERTISI) untuk melakukan pengabdian kepada masyarakat di Kabupaten Gowa yang berlangsung di Baruga Karaeng Galesong, Kantor Bupati Gowa, Senin (25/10).

Dalam sambutannya, Kamsina yang mewakili Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan menyambut baik kehadiran para dosen swasta dari perguruan tinggi swasta se-Indonesia ini. Menurutnya, ini tentu akan sangat membantu Pemerintah dalam memajukan pembangunan di Kabupaten Gowa.

Apalagi dalam teori pentahelix, Kamsina menyebutkan bahwa ada lima pilar pembangunan yang harus berkolaborasi. Lima pilar pembangunan tersebut yaitu pemerintah, masyarakat, swasta, akademisi dan media.

“Dosen sebagai akademisi merupakan salah satu pilar penting dalam pembangunan. Hal ini karena akademisi memiliki kompetensi di bidang ilmu pengetahuan. Tanpa ilmu pengetahuan pembangunan akan berjalan lambat dan tidak terarah,” ujarnya.

Lanjut Kamsina, berdasarkan hal tersebut maka akademisi harus diberi ruang dalam pembangunan. Olehnya itu, Pemerintah Kabupaten Gowa membuka ruang yang luas bagi akademisi untuk berpartisipasi dalam pembangunan.

Khusus di masa pandemi Covid-19 yang berdampak pada sektor kesehatan dan perekonomian. Banyak masyarakat yang kehilangan pekerjaan yang berimbas pada pendapatan. Olehnya itu dirinya juga berharap dukungan dari para akademisi agar kehidupan masyarakat bisa kembali pulih.

“Olehnya itu saya berharap melalui kegiatan ini bapak ibu dosen bisa melihat potensi di Kabupaten Gowa yang bisa dikembangkan di masa yang akan datang,” harapnya.

Koordinator Ketua Presidium MPP ADPERTISI, Buyung Romadhoni menyampaikan terima kasih kepada atas penerimaan Pemerintah Kabupaten Gowa. Menurutnya penerimaan Pemerintah Kabupaten Gowa sangat baik dan menyambut baik kegiatan.

“Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah bagi seorang dosen karena menjadi tri darma perguruan tinggi,” ujarnya.

Selain itu, Buyung Romadhoni mengatakan selain sebagai ajang silaturahmi, kegiatan ini juga untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat. Dirinya menilai bahwa pengetahuan yang dimiliki seorang dosen bukan hanya untuk mahasiswa di kampus tetapi juga untuk masyarakat

“Cukup banyak manfaat yang kita raih dalam rangka pengabdian kepada masyarakat. Tentu yang pertama adalah silaturahmi dan kalau kita berbagi ilmu kepada masyarakat maka tentu akan makin banyak ilmu yang akan kita dapat, inilah esensi kita melakukan pengabdian kepada masyarakat,” tambahnya.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini diikuti 149 dosen dari 48 Perguruan Tinggi Swasta Seluruh Indonesia. Para dosen ini akan melakukan pengabdian di tiga kecamatan di Kabupaten Gowa, yaitu Kecamatan Bontomarannu 8 desa, Kecamatan Pallangga 5 desa dan Kecamatan Pattallassang 8 desa.

Pada kesempatan ini juga dilakukan pemasangan Rompi oleh Sekjen MPP Adpertisi, Ibrahim Pratama kepada Pj Sekda Kabupaten Gowa serta penyerahan cinderamata antara Pemerintah Kabupaten Gowa dan ADPERTISI. */Kartia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *